Sejumlah spanduk penolakan keberadaan kelompok Khilafatul Muslimin membentang di beberapa titik jalan wilayah Kabupaten Karawang. 
Kamis (9/6/2022) siang, spanduk penolakan Khilafatul Muslimin itu terpasang di beberapa lokasi seperti depan Kantor Pemda Karawang, Klari, Adiarsa, Karawang Barat, Karawang Timur, dan lokasi lain.
Foto : Spanduk Penolakan Khilafatul Muslimin membentang di sudut-sudut Kota Karawang

Pesan dalam spanduk itu tertulis 'TOLAK KEBERADAAN KHILAFATUL MUSLIMIN, PANCASILA IDEOLOGI NKRI'.

Spanduk penolakan itu dipasang oleh organisasi Angkatan Muda Islam Indonesia (AMII) Kabupaten Karawang.

Diketahui, kemunculan kelompok Khilafatul Muslimin ini membuat geger publik selama beberapa pekan terakhir di Indonesia. Kelompok ini jadi sorotan setelah disejumlah daerah melakukan konvoi dengan membentangkan spanduk Khilafatul Muslimin.

Senada dengan sikap masyarakat, Forum Aktivis Islam (FAIS) Kabupaten Karawang menyatakan menolak kelompok apapun yang ingin mengganti ideologi Pancasila dengan yang lain.

“Apapun harokah atau kelompoknya jika berniat menganti pancasila maka kami nyatakan tegas menolak!!! Karena kita semua sudah sepakat bahwa Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara," ujar Koordinator Forum Aktivis Islam (FAIS), Sunarto.

Menurut Narto, semua harus merawat Negara dan Kebhinekaan yang ada di NKRI. Bersatu menjaga kedaulatan Negara berdasar UUD 1945 sebagai acuannya. (Rd)