Pasangan ganda putra asal China, Liu Yuchen/Ou Xuanyi berhasil mengamankan gelar juara Indonesia Open 2022 usai menang atas wakil Korea Selatan, Choi Sol Gyu/Kim Won Ho. Meski mendapatkan perlawanan yang sengit dari Choi/Kim, pada akhirnya Liu/Ou menang dengan dua gim langsung lewat skor 21-17 dan 23-21.

Bermain di Istora Senayan, Minggu (19/6/2022), persaingan yang sengit terjadi pada game pertama. Keadaan tersebut membuat perolehan angka sempat sama kuat, menjadi 2-2.

Walau demikian Liu/Ou sanggup menemukan celah. Hal itu mereka manfaatkan dengan baik dan memimpin 6-3. Namun, Choi/Kim dapat memberikan perlawanan yang ketat dan menyamakan kedudukan 6-6.

Mendapat momentum, Choi/Kim pun berusaha melancarkan serangan. Keadaan tersebut pun membantu mereka memperoleh keunggulan saat mencapai interval pertama, dengan skor 11-10.

Choi/Kim kemudian sempat memimpin dengan skor 13-11. Namun, Liu/Ou tak tinggal diam. Mereka menampilkan permainan terbaiknya dan membuat skor kembali sama kuat 15-15.

Kedua pasangan kemudian saling susul perolehan angka. Tetapi, Choi/Kim membuat kesalahan. Hal itu dimaksimalkan oleh Liu/Ou untuk memimpin dan merebut game pertama, 21-17.

Memasuki game kedua, Liu/Ou dapat menjaga momentum pada awal fase. Mereka bahkan dapat memimpin dengan angka 3-0. Namun, Choi/Kim dapat segera mengejar dan menyamakan skor 3-3.

Choi/Kim pun dapat memanfaatkan kejadian itu untuk berbalik unggul, 8-4. Meski begitu, Liu/Ou sempat mengejar dan mengakibatkan kedudukan sekali lagi menjadi imbang 10-10.

Hanya saja, Choi/Kim dapat menemukan celah dan kembali memimpin pada interval kedua, 11-10. Mereka lalu menjauhi kejaram Liu/Ou dan unggul dengan skor 15-12.

Tak mau menyerah, Liu/Ou sempat memperkecil ketertinggalan menjadi 15-16. Choi/Kim yang rentan membuat kesalahan pun menguntungkan Liu/Ou yang membuat laga mencapai deuce, 20-20.

Baik Liu/Ou dan Choi/Kim bersaing ketat dan saling susul perolehan angka. Namun, pada akhirnya pukulan Choi/Kim menyangkut di net, sehingga Liu/Ou merebut kemenangan dalam tempo 49 menit dengan skor 23-21.(**)