Foto : Kades Pulomulya, Ajat Suwandi Bersama Sales Wuling Saat Serah Terima Kendaraan Desa Siaga di Halaman Kantor Desa.

Ambulance Desa Siaga jenis Wuling Confero putih akhirnya terparkir di halaman Kantor Desa Pulomulya Kecamatan Lemahabang, Selasa (5/7/2022). Kendaraan yang di alokasikan dari anggaran Dana Desa (DD) tahap 2 tahun 2022 tersebut, siap 'ngegas' layani masyarakat yang sakit  antar jemput ke layanan medis / Rumah Sakit. 

Kades Pulomulya Ajat Suwandi mengaku bersyukur, karena Dana Desa (DD) 2022 bisa teralokasikan diantaranya untuk pengadaan mobil ambulance ini seharga Rp170 jutaan, selain juga untuk alokasi fisik infrastruktur dan pemberdayaan. Pengadaan mobil ambulance jenis Wuling ini sebut Ajat, merupakan hasil kesepakatan bersama di Musyawarah Desa (Musdes) seperti Musrenbang dan lainnya, mengingat kendaaraan operasional sebelumnya Nissan yang mengaspal sejak 2012, kondisinya sudah rusak parah dan membutuhkan dana akumulasi perbaikan hingga Rp50 jutaan. 

"Karena mobil lama rusak, di perbaiki juga butuh dana besar, kita hadirkan saja ambulance baru untuk memperlancar akses masyarakat umum yang sakit maupun melahirkan yang hendak ke Rumah Sakit. Alhamdulillah, lewat dana desa dan kebijakan bersama akhirnya terwujud dan sudah terparkir di halaman kantor desa hari ini, " Katanya.

Mobil ini, sebut Ajat siap mengaspal dan terpakir 24 jam di kantor desa. Bagi yang hendak melahirkan dan atau warga yang sakit butuh layanan cepat ke RS, ia persilahkan berkoordinasi dengan PSM Desa dan siap antar jemput memberikan pelayanan maksimal. 
Hanya saja, sebut Ajat, karena kendaraan ambulance ini hanya satu, sementara warga jumlahnya ribuan, maka diharapkan supaya bersabar bergiliran, karena tak menutup kemungkinan dua hingga tiga warga membutuhkan layanan kendaraan ini di hari yang bersamaan.

"Kita stand by parkirkan kendaraan ini di halaman kantor desa, bagi yang membutuhkan layanan kami persilahkan. Ini bukan mobil pemerintah desa, tapi mobil masyarakat pulomulya jadi silahkan manfaatkan untuk kepentingan warga yang sakit maupun yang hendak melahirkan ke Rumah Sakit, " Ujarnya. (Rd)