Foto : Warga Cengkong Rame-rame tenang pohon antisipasi cuaca ekstrem

Sebagai upaya antisipasi terjadinya pohon tumbang saat hujan di sertai angin kencang, yang dapat membahayakan keselamatan pengguna jalan, Babinsa bersama warga melaksanakan  kerja bakti penebangan pohon-pohon yang sudah tua.

Kerja bakti penebangan pohon yang dilakukan Babinsa Cengkong Pelda Sutrisno bersama warga berlokasi di Dusun Kaliwedi Desa Cengkong, Kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang, Kamis (07/07/2022).

Pelda Sutrisno dalam keterangannya mengatakan kondisi cuaca yang tidak menentu dan sering terjadi hujan di sertai angin kencang menimbulkan banyak kerawanan, terutama pohon tumpang yang berada di pinggir jalan. 

"Mengantisipasi hal tersebut, kami bersama warga bergotong royong melaksanakan kerja bakti penebangan pohon-pohon yang sudah tua di pinggir jalan, sebab dikhawatirkan dapat membahayakan pengguna jalan yang melintas," kata Pelda Sutrisno.

Masih Kata Pelda Sutrisno, kerja bakti kali memilih sasaran membersihkan area jalan, selain memangkas ranting-ranting di kanan kiri jalan, juga menebang pohon yang sudah berumur tua dan rawan roboh menghalangi jalan yang dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

"Menghimbau kepada warga apabila di dekat rumahnya ada pohon besar dan rawan roboh, terutama dekat dengan jaringan listrik agar segera di tebang sebelum menimbulkan kerugian materiil bahkan korban jiwa," tuturnya.

"Menghadapi situasi dan kondisi cuaca saat ini, kita harus meningkatkan kewaspadaan dan mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat menimbulkan bencana. Lebih baik mencegah dari pada menyesal di kemudian hari," pungkasnya. (Rd)