Bus Rosalia Indah bernopol AD-1604-AU terbakar saat melintas di ruas Tol Pejagan Pemalang tepatnya di Km 272+100A pada Minggu (17/7) dini hari. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Kanit VI PJR Tegal, AKP Riswanto, mengatakan bus itu membawa 30 orang penumpang dan tiga kru. Kebakaran diduga akibat korsleting listrik di bagian belakang bus.

“Kejadian berawal pada sekitar tengah malam, bus Rosalia Indah bernopol AD-1604-AU melintas dari arah barat ke timur. Mendekati lokasi kejadian, kru bus yang yang duduk di bagian belakang mencium bau hangus dan mendapati kepulan asap di tempat duduk bagian belakang,” kata Riswanto.

Di saat yang bersamaan, sopir bus diberi tahu oleh kru lain yang menyalip bahwa terdapat nyala api pada mesin di bagian kanan belakang bus.

“Akhirnya bus Rosalia Indah tersebut menepi di Km 272+100A dan menurunkan seluruh penumpang yang berjumlah 30 orang di bahu jalan tol,” ucap Riswanto, dikutip dari laman Kumparan.

Tidak berselang lama, muncul percikan api dari bagian belakang bus dan menjalar ke seluruh badan bus. Upaya pemadaman yang dilakukan oleh kru tidak membuahkan hasil.

“Kemudian sekitar pukul 00.30 WIB, petugas yang berpatroli memberikan bantuan pemadaman dengan mendatangkan mobil pemadam kebakaran ditambah alat pemadam portabel. Sekitar satu jam kemudian api berhasil dipadamkan,” jelasnya.

Berdasarkan keterangan penumpang, bus tersebut berasal dari Jakarta dengan tujuan Solo. Bus sempat berhenti di rest area di ruas Tol Kuningan dan melakukan pergantian sopir sebelum melanjutkan perjalanannya.

Akibat kejadian tersebut, sejumlah barang milik penumpang yang tidak sempat diturunkan hangus terbakar di dalam bus. Kerugian ditaksir Rp 200 juta.

Riswanto mengatakan, polisi telah meminta keterangan dari tiga orang kru berinisial FA (38) SK (37) dan RH (22). Sedangkan seluruh penumpang telah melanjutkan perjalanan dengan dioper ke bus pengganti yang standby di Tegal.(**)