×

Iklan

Indeks Berita

Cek Lapak dan Peternakan, Babinsa, Polisi dan Sat Pol PP Ikut Antisipasi PMK Jelang Idul Adha

6 Jul 2022 | Rabu, Juli 06, 2022 WIB Last Updated 2022-07-06T07:33:13Z
Penyakit Kuku dan Mulut (PMK) mengintai hewan ternak jenis sapi jelang idul adha pada Minggu (10/7/2022) mendatang. Mengantisipasi itu, Babinsa, Polisi sampai Satpol PP ikut serta dalam pemeriksaan kesehatan hewan ternak di lapak-lapak pedagang dan peternakan milik warga sebagai bentuk antisipasi dan pencegahan dini untuk mendeteksi ancaman kesehatan dari hewan tersebut.

Foto : Aparat Ikut di terjunkan memeriksakan kesehatan hewan kurban jelang idul adha


"Kita cek bareng UPTD dan Penyuluh pertanian sebelum mengalihkan label sehat, memastikan hewan ternah bebas penyakit, kelumpuhan termasuk PMK. Semoga masyarakat saklek, agar membeli hewan kurban yang sudah berlabel sehat dari Dinas, " Kata Kasie Trantib Cilamaya Wetan, Totong Dadang, Rabu (6/7/2022).



Sementara itu, Kedatangan Babinsa, Serka Heri bersama Bhabinkamtibmas, Bripka Adi Kriswanto untuk mengantisipasi wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sekaligus mengantisipasi masuknya hewan yang terjangkiti PMK menjelang Idul Adha, juga dilakukan di Kelurahan Karawang Wetan Kecamatan Karawang Timur.
Mereka memberikan edukasi dan himbauan kepada pedagang dan peternak, sehingga tidak merugikan pembeli yang akan melaksanakan ibadah kurban.
Foto : Aparat Ikut di terjunkan memeriksakan kesehatan hewan kurban jelang idul adha

Lokasi pedagang ternak tersebut bertempat di pinggir irigasi KW 5, Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang.

Dalam kegiatan tersebut, Babinsa, Serka Heri S menjelaskan, bahwa pemantauan ini sebagai upaya dalam membantu pemerintah dalam antisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak.

"Kedatangan kami agar pedagang menjaga kebersihan kandang dan pakan ternak, agar terhindar dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ataupun penyakit lainnya,” imbuhnya.

Babinsa juga menambahkan, para pedagang yang ada di wilayah Kelurahan Karawang Wetan agar selalu berkoordinasi dengan petugas dari Dinas Peternakan yang ada di Kecamatan.

"Kami juga menyarankan ke para pedagang hewan ternak baik itu domba maupun sapi apabila ditemukan indikasi yang mengarah pada Penyakit Mulut dan Kuku agar segera berkoordinasi dengan dinas terkait," ujarnya.

Sementara itu Bripka Adi, menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada para pemilik hewan ternak untuk selalu menjaga ternaknya agar tidak terjadi pencurian hewan ternak.

"Dengan hadirnya Babinsa dan Bhabinkamtibmas mendapat respon yang baik dan positif, demi terciptanya situasi yang aman dan kondusif, selain itu terjalinnya komunikasi yang baik antara Babinsa dan masyarakat,”ungkapnya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS