Hipertensi atau darah tinggi jangan dianggap spele. Pengidap bukan saja menghempas kalangan usia sepuh, tetapi juga usia muda. Dampak yang ditimbulkan juga tak main-main jika tanpa di deteksi sejak dini, beragam penyakit komplikasi hingga stroke berpotensi mengintai pengidap tensi dengan sistolik dan diastolik diatas ambang wajar tersebut.
Berangkat dari keprihatinan itu, Puskesmas Kotabaru mengawali inovasi Gerakan Cepat Mengatasi Penyakit Kronis (Gercep Manis) yang salah satunya Hipertensi, wujudkan duta-duta hipertensi yang beranggota para pengidap hipertensi untuk menggelorakan pemeriksaan teratur dan peduli sesama penderita hipertensi di lingkungan dan wilayahnya.
Foto : Kepala Puskesmas Kotabaru bersama Para Duta Hipertensi Gelar Pertemuan

"Ini berangkat dari Gercep Manis yang jadi inovasi Puskesmas Kotabaru, jadi kita bentuk Duta Hipertensi, sebab dari data PIS PK, wilayah kita saja ada 4 .304 pengidap hipertensi. Kalau tidak terdeteksi, angka ini berpeluang terus meluas tanpa pengendalian dan kesadaran pemeriksaan, " Kata Kepala Puskesmas Kotabaru, H Ucin Supriyadi S.Km, Rabu (6/7/2022).

Ucin menambahkan, Duta Hipertensi ini adalah kumpulan dari Penderita Hipertensi yang periksa teratur dan peduli mengajak sesama penderita hipertensi supaya periksa teratur, artinya teratur ikuti prolanis di lakukan pemeriksaan sebulan sekali dan sesekali dua minggu sekali atau bisa sewaktu-waktu. Jumlahnya, sebut Ucin, duta hipertensi ini 2 orang perdesanya.

"Jadi selain menyampaikan hal-hal pemeriksaan kepada yang lain, para duta hipertensi ini juga biasa di berikan penyuluhan dari tim Puskesmas dan dokter gizi, mulai cara PHBS dan pengendalian makanan yang berpeluang menyumbang hipertensi, " Katanya.

Sasaran pemeriksaan bersama Duta Hipertensi ini, sambung Ucin adalah masyarakat usia 15 tahun keatas, mereka di periksa Tekanan darah dan resep obat termasuk lab gula darah sewaktu, Kolestrol, Asam urat dan lainnya, tempatmya di Posbindu dan Puskemas.

"Hipertensi bisa di kontrol, di kendalikan dan bisa di obati, jadi kita gelorakan semuanya untuk peduli sesama agar para pengidap hipertensi selalu rutin dan teratur memeriksakan diri, " Ungkapnya. (Rd)