Ganda putra bulu tangkis Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sukses mengamankan tempat menuju babak final Singapore Open 2022.

Kepastian ini diperoleh usai Fajar/Rian menaklukkan rekan senegaranya Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani dengan straight game 21–11 dan 21–7 dalam pertarungan babak empat besar yang berlangsung di Singapore Indoor Stadium pada Sabtu (16/7/2022).

Sebagai informasi, kedua pasangan belum pernah bertemu di pertandingan resmi. Ranking mereka pun terpaut cukup jauh. Kendati demikian, Sabar/Reza sempat menunjukkan penampilan yang bersaing kala menghadapi Fajar/Rian di awal game pertama.

Ganda putra Indonesia kejar-mengejar skor di permulaan laga. Mereka juga bergantian melakukan kesalahan yang menguntungkan bagi lawan. Fajar/Rian mulai melesat jelang interval. Juara Malaysia Masters 2022 itu unggul dengan 11–8 saat jeda.

Memasuki paruh kedua game pembuka, pasangan peringkat lima dunia lanjut bermain dalam rally-rally pendek. Fajar/Rian langsung melancarkan serangan begitu mendapat kesempatan. Di sisi lain, Sabar/Reza justru lebih banyak melakukan kesalahan.

Mereka belum mampu menemukan pola permainan terbaik dan hanya mendapat tambahan tiga angka selepas jeda. Game pertama pun menjadi milik Fajar/Rian dengan skor akhir 21–11 dalam durasi waktu sembilan menit.

Fajar/Rian kembali tampil dominan di set kedua. Pukulan-pukulan yang dilesakkannya efektif membuahkan poin. Sabar/Reza mencoba mengejar ketertinggalan. Namun, sejumlah unforced errors yang dilakukan membuat mereka kesulitan mencuri angka dari lawan.

Fajar/Rian kembali unggul dengan 11–4 di paruh pertama set kedua. Pasangan yang meraih medali perak ganda putra Asian Games 2018 ini terus melesat setelah jeda. Fajar/Rian kembali menutup game dengan kemenangan 21–7 atas Sabar/Reza.

Ganda Putri dan Putra

Indonesia telah merebut masing-masing satu tiket ke babak final dari nomor ganda putri dan ganda putra Singapore Open 2022. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti sukses mengamankan tempat di partai puncak usai membungkam wakil Thailand.

Berlaga di Singapore Indoor Stadium pada Sabtu (16/7/2022), Apri/Fadia menang lewat pertarungan sengit rubber game dengan 19–21, 21–13, dan 21–19 atas Supissara Paewsampran/Puttita Supajirakul di fase empat besar.

Sementara itu, pasangan muda Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin lolos ke final setelah menekuk kompatriot sekaligus seniornya Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dalam persaingat ketat 9–21, 21–18, dan 22–20.

Tunggal Putra


Di sektor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting menjadi satu-satunya perwakilan Tanah Air yang tersisa. Kompatriotnya, Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Tommy Sugiarto terlah tersisih di babak-babak sebelumnya.

Adapun Ginting harus menghadapi perlawanan jagoan tuan rumah sekaligus peraih gelar juara dunia, Loh Kean Yew, di semifinal. Kedua pemain tercatat sudah dua kali bertemu dalam turnamen-turnamen resmi.

Melansir situs Head to Head BWF, Ginting pertama kali berjumpa dengan pemain Singapura di Indonesian Masters 2014. Kala itu, tunggal putra andalan Indonesia kalah rubber game dengan 21–17, 18–21, dan 18–21.

Pertemuan selanjutnya terjadi baru-baru ini, kala kedua pemain membela negaranya masing-masing di Thomas Cup 2022. Ginting kala itu kembali menelan kekalahan dari Loh Kean Yew lewat dua game langsung 13–21 dan 14–21.

Jadwal dan Hasil Lengkap


Ganda Putri

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramdhanti vs Supissara Paewsampran/Puttita Supajirakul (Thailand): 19–21, 21–13, 21–19

Ganda Putra

Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin vs Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan: 9–21, 21–18, 22–20

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani: 21–11, 21–7

Tunggal Putra

Anthony Sinisuka Ginting vs Loh Kean Yew (Singapura)(L6).