×

Iklan

Indeks Berita

Jelang Tahun Ajaran Baru, Kurikulum Merdeka 'Massif' di Sosialisasikan Pengawas dan K3S di Karawang

14 Jul 2022 | Kamis, Juli 14, 2022 WIB Last Updated 2022-07-14T12:54:38Z
Jelang tahun ajaran baru 2022/2023 di mulai pada Senin 18 Juli mendatang, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) bersama Pengawas Koorwilcambidik lintas Kecamatan masif sosialisasikan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Garapan sosialisasi 32 jam itu, menyasar guru-guru kelas 1 dan kelas 4 SD se Kabupaten Karawang untuk di berlakukan mengegeser Kurikulum 2013 pada tahun ajaran baru Senin lusa.
Foto : Bintek dan Workshop IKM di sejumlah Kecamatan di Karawang Jelang Tahun Ajaran Baru

"Kami sosialisasikan IKM berupa perangkat ajarnya, modul projects penguatan profil pelajar Pancasila kepada guru kelas 1 dan 4 di 42 SD Negeri dan swasta di Karawang Timur, Alhamdulillah selama tiga hari, rangkaian workshop IKM ini resmi di tutup paca Kamis siang (14/7/2022), semoga bisa di serap pemahamannya dan di implementasikan di sekolah masing-masing di tahun ajaran baru kali ini, " Kata Ketua K3S Kecamatan Karawang Timur, Yeni Mulyani.
Foto : Bintek dan Workshop IKM di sejumlah Kecamatan di Karawang Jelang Tahun Ajaran Baru

"Kami bersama pengawas sudah ikuti sosialisasi serupa di tingkat Kabupaten. Jadi, dalam waktu sepekan ini kita teruskan ke semua guru, khususnya kelas 1 dan kelas 4. Alhamdulillah, sekarang terselenggara sekitar 3 hari tuntas, " Kata Ketua K3S Tempuran, Andi Rojali S.pd

Sementara itu, Pengawas Koorwilcambidik Tempuran, Dasir S.pd mengungkapkan, selama 32 jam, para guru diberikan beragam materi seputar IKM yang siap di terapkan di tahun ajaran 2022/2023 ini. Pemberlakuan IKM ini serentak di semua sekolah tanpa status apakah sekolah tersebut sudah menjadi sekolah penggerak atau belum. Karenanya, atas dasar wajibnya di terapkan pada tahun ajaran baru ini, diharapkan para guru yang saat ini khusus kelas 1 dan 4, bisa menyerap pemahaman materi-materi IKM, dimana kurikulum yang menggeser kurtilas di dua kelas tersebut, cenderung lebih sederhana, dimana siswa di beri kebebasan tak hanya di kelas, tapi juga di luar kelas dengan penerapan 5P yaitu  Proyek Pengutatan Profil Pelajar Pancasila. 
Foto : Bintek dan Workshop IKM di sejumlah Kecamatan di Karawang Jelang Tahun Ajaran Baru

"Jadi sosialisasi ini kita tuntaskan, sampai sosialiasi perbedaan raport IKM yang beda dengan kurtilas juga tersampaikan, dimana rapor IKM itu ada 2, yaitu e Raport dan Raport Project, " Katanya.

Kegiatan Sosialisasi IKM juga gencar di lakukan di Kecamatan lainnya seperti Kecamatan Klari yang bertempat di SDN Pancawati 4, Kecamatan Lemahabang di SDN Pulojaya 1, Kecamatan Cilamaya Wetan di SDN Rawagempol Wetan II. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS