Sebanyak 6 SD di Kecamatan Lemahabang kosong tanpa Kepala Sekolah definitif. Beberapa diantaranya, ada yang di tinggal pensiun dan meninggal dunia.
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Karawang, sudah berkirim surat Nomor 800/654/GTK tertanggal 27 mei soal tahapan rekrutmen calon kepala sekolah (CKS) tahun 2022 untuk mulai pengisian sekitar bulan September mendatang. 
Foto : Sejumlah Calon Kepala SD di Lemahabang Ikuti Seleksi Tulis, Wawancara dan Persentase di SDN Lemahabang 3

"Kita gelar seleksi bersama panitia yang sudah di bentuk, hari ini sebanyak 8 Cks ikuti tahapan seleksi tes tulis dan wawancara untuk kemudian paparan persentase dihadapan panitia. Karena, ada 6 SD diantaranya yang akan kosong tanpa Kepsek hingga September mendatang, dan diharapkan semuanya bisa terisi, " Kata Koorwilcambidik Lemahabang Samson Atmaja S.pd MM, saat memberikan pembinaan dalam rapat Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) di SDN Lemahabang 3, Selasa (5/7/2022).

Sementara itu, Ketua K3S Lemahabang Abdul Qodir mengatakan, kepanitiaan seleksi CKs melibatkan semua unsur, baik Pengawas, Koorwilcambidik, hingga K3S dan PGRI, sehingga pelaksanaan setiap tahapnnya di Lemahabang, di yakininya berjalan optimal dan profesional. Adapun sejumlah guru yang mendaftar Cks dalam seleksi tahun ini, antara lain atas nama Sehabudin S.pd, Aca Tamimi S.Pdi, H. Ahmad Hariri S.pd,  Acep S.pd, Didin S.pd, Sri Neni dan Ibu Risma. 

"Sekarang tahapan tes wawancara, tes tulis dan persentasi, semoga semuanya berjalan lancar, " Ungkapnya.
Foto : Sejumlah Calon Kepala SD di Lemahabang Ikuti Seleksi Tulis, Wawancara dan Persentase di SDN Lemahabang 3

Ketua Panitia Seleksi CKs Lemahabang, Herni Nuraini S.pd M.Pd mengungkapkan, dari kuota 6, pendaftar yang di seleksi dalam tahapan hari ini adalah 8 orang. Meskipun sebelumnya lebih, namun karena ada syarat tidak memungkinkan seperti usia minimal 55,6 tahun, sehingga yang ikut tes tulis, wawancara dan persentasi ada 8 orang CKs, adapun selebihnya, nanti akan menjadi prioritas dalam waiting list.

"Kita cek dulu syarat-syaratnya sebagaimana lampiran Disdikpora, mulai usia, tes protopolio, link format data diri, identitas, pendidikan hingga sertifikat yang di miliki Cks. Sehingga, dari kuota 6, pendaftar yang ikut tes seleksi jumlahnya 8 cks, " Katanya.

Herni menambahkan, semua pelaksanaan tes CKs di gelar di SDN Lemahabang 3 hari ini, Selasa (5/7/2022). Tes pertama adalah tes tulis, pihaknya buatkan soal 25 pilihan ganda dan 5 uraian seputar tugas, fungsi dan hal-hal yang berkaitan dengan kepala sekolah, bahkan di dalam soal juga sisipkan pemahaman para Cks terkait kurikulum merdeka. 
Kemudian tes selanjutnya yang langsung di gelar, adalah tes wawancara yang langsung di gawangi panitia meliputi study kasus, jumlahnya 5 soal namun bercabang. 

"Yang terakhir adalah tes atau seleksi persentase di hadapan juri atau panitia yang terdiri dari Pengawas PGRI, Koorwilcambidik dan K3S, dimana setiap peserta wajib membuat visi misi dan tujuan mereka kedepannya seperti apa, " Ungkapnya.

Titi mangsa seleksi ini, sambungnya, di tetapkan Disdikpora sampai 24 Juli, kemudian, akan di serahkan nama dan hasilnya Subkoor GTK Disdikpora Karawang pada 15 Agustus mendatang, sehingga, bulan september mendatang sudah tuntas dan di harapkan sekolah yang kosong tersebut sudah terisi definitif oleh para Cks baru hasil seleksi ini.

"Kami berharap, semoga para Cks, bisa menjadi pemimpin visioner dan membawa kemajuan, di sekolah dan wilayah Lemahabang wadas, sebab tantangannya di era paradigma baru, kepsek di tuntut searah dan sukseskan program yang sesuai arahan Mas Nadiem Kemendikbud, utamanya soal Kurikulum Merdeka yang sudah di depan mata, " Ungkapnya..(rd)