Sertifikasi profesi merupakan upaya untuk memberikan pengakuan atas kompetensi yang dikuasi seseorang sesuai dengan Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), standar internasional atau standar khusus. 

Standar Kompetensi adalah pernyataan yang menguraikan keterampilan, pengetahuan dan sikap yang harus dilakukan saat bekerja serta penerapannya, sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh tempat kerja (industri).

Foto : Melalui Sertifikasi Kompetensi, UBSI Karawang Siapkan Mahasiswa Cakap bidang Programmer

Melalui Tempat Uji Kompetensi (TUK) Mandiri, puluhan Mahasiswa Sistem Informasi Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Karawang menyelenggarakan uji kompetensi skema Programmer yang di laksanakan di disalah satu ruang kelas Universitas BSI pada Senin 12 sampai 22 Juli 2022 mendatang dengan menghadirkan empat orang asesor Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) BSI.

Abdussomad, salah satu Assesor LSP Informatika sekaligus Kaprodi Sistem Informasi UBSI Kampus Karawang menjelaskan, perguruan tinggi memerlukan perubahan untuk mengembangkan mahasiswa dengan keahlian sesuai bidang keahliannya masing-masing, itu harus dibuktikan dengan sertifikat kompetensi. 

"Selain ijazah, keberhasilan mahasiswa tidak hanya bergantung pada kemampuan, tetapi juga pada hard skill dan soft skill, setiap lulusan juga harus memiliki sertifikat profesi atau kompetensi sesuai bidangnya masing-masing. Sertifikat kompetensi yang akan diperoleh oleh mahasiswa yaitu sertifikat profesi dikeluarkan oleh Universitas dan Badan Akreditasi Profesi Nasional (BNSP)", ujar Abdussomad.

Jika mahasiswa mengikuti dan lulus uji kompetensi, sambungnya, maka mahasiswa akan mendapatkan sertifikat standar BNSP, yang berarti keahlian mahasiswa akan diakui secara nasional.
Foto : Melalui Sertifikasi Kompetensi, UBSI Karawang Siapkan Mahasiswa Cakap bidang Programmer

“Harapannya dengan adanya uji kompetensi ini, mahasiswa semakin kompeten pada bidang programmer dan mendapatkan sertifikasi dari BNSP sehingga dapat meningkatkan peluang lulusan di industri atau dunia kerja, " Pungkas Abdussomad. (Rd)