×

Iklan

Indeks Berita

Pemkab Karawang Ikuti Pameran Apkasi Otonomi Expo 2022 di JCC Senayan

20 Jul 2022 | Rabu, Juli 20, 2022 WIB Last Updated 2022-07-20T12:18:32Z
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang turut serta mengikuti dalam Pameran Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Otonomi Expo 2022. Pameran tersebut digelar per hari ini, Rabu (20/7/2022) hingga Jumat (22/7/2022) dengan mengusung tema ‘Pulihkan Ekonomi Daerah Melalui Jejaring Global’ yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan Jakarta.


Pameran itu digelar sebagai sarana promosi beragam produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sejumlah kabupaten di Indonesia pada tingkat nasional serta meningkatkan penawaran investasi kepada para buyer maupun investor, dan sebagai upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.


Kabag Tata Pemerintahan pada Setda Kabupaten Karawang, Wiwiek Krisnawati menuturkan, ikut sertanya Pemkab Karawang pada Pameran Apkasi Otonomi Expo 2022 yakni untuk mendorong ekonomi daerah melalui promosi komoditas unggulan dan beragam produk UMKM Kabupaten Karawang. Tidak hanya itu, hal tersebut pula untuk meningkatkan penawaran investasi kepada para buyer maupun investor serta membangun jejaring dengan stakeholder dalam pembangunan daerah.


"Tujuan dari pameran ini intinya kita akan menginformasikan mulai dari produk UMKM di Karawang, harapan kami outputnya pada pameran ini para buyer berkumpul di pameran kan, sehingga jika ada yang tertarik kita bisa hubungkan dengan pemilik UMKM dari produk itu sendiri,” ujarnya.


“Kemudian ada juga DPMPTSP, kita menginformasikan juga bahwa Karawang bukan hanya daerah pertanian saja, namun di sana juga kita menjadi daerah industri sehingga perihal tentang informasi investor dan sebagainya yang ingin menjadi investor di Kabupaten Karawang bisa melalui DPMPTSP. Semua kita sediakan di sini, untuk produk UMKM kita sediakan kartu nama hingga brosur dari DPMPTSP ada di stand," imbuhnya.

Wiwiek menambahkan, sebanyak 65 pelaku UMKM kolaborasi dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengisi stand tersebut mulai dari olahan pertanian seperti kopi dan beras, olahan makanan seperti snack dan minuman, dan kerajinan tangan seperti tas, dompet hingga batik.

"Untuk masyarakat Kabupaten Karawang, yang ada di Karawang atau yang sedang ada di Jakarta, mangga, kami undang, kami tunggu kehadirannya di stand kami Kabupaten Karawang pada kegiatan Pameran Apkasi Otonomi Expo 2022 yang bertempat di JCC Senayan Jakarta dari tanggal 20 sampai 22 Juli 2022, diantos!" tutupnya.

Pantauan Newsroom Diskominfo Kabupaten Karawang di lokasi, sejumlah pengungjung turut menghadiri Stand Kabupaten Karawang untuk membeli sejumlah produk UMKM khas Karawang, hingga selang beberapa waktu kemudian stand tersebut disambangi oleh Wakil Mendagri, John Wempi Wetimpo yang penasaran dengan olahan pertanian UMKM Kabupaten Karawang yang menjadi ciri khas sebutan Kota Padi.


Pameran tersebut dibuka secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian didampingi Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo dan Ketua Umum Apkasi, Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Turut dihadiri oleh sejumlah Duta Besar (Dubes) dari luar negeri dan kepala daerah dari masing-masing kabupaten yang ada di Indonesia. (diks)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS