Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) mulai start Agustus 2022 mendatang. Sukseskan pelaksanaan vaksinasi bagi anak usia 9 bulan - 59 bulan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tersebut, Puskesmas Kotabaru gelar pertemuan bareng kader-kader posyandu dan Kepala Desa Wancimekar, Kamis (7/7/2022). 


Foto : Matangkan Persiapan BIAN, Puskesmas Kotabaru gelar sosialisasi kepada Kader dan Kepala Desa Wancimekar

"Kita terus sosialisasikan persiapan BIAN ke masyarakat, salah satunya lewat pertemuan Kader Posyandu Desa Wancimekar yang kebetulan juga di hadiri Kades setempat, " Kata Kepala Puskesmas Kotabaru, Ucin Supriyadi S.Km.

Kegiatan ini, selain memberi penyampaian soal BIAN juga di padukan dengan sosialisasi program perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi.

"Kita harap semua program kesehatan bisa di support semua pihak demi kesehatan bersama di lingkungan masing-masing, "Harapnya.

Foto : Matangkan Persiapan BIAN, Puskesmas Kotabaru gelar sosialisasi kepada Kader dan Kepala Desa Wancimekar

Soal BIAN, sambung Ucin, peserta dan kader sempat mempertanyakan soal teknis pelaksanaan sampai bagaimana imunisasi ini kalau ada penolakan dari orangtua. Pihaknya, meyakinkan agar sosialisasi masif bisa tersampaikan bahwa Kegiatan bian ini merupakan program Nasional semua intansi pemerintah, sebab semuanya ikut dalam kegiatan lazimnya Vaksin Covid. Begitu juga soal kehalalan vaksin, ia yakin semuanya sudah tersertifikasi MUI dan Kementerian agama (Kemenag), sehingga ia harapkan penyuluh agama Islam dan pejabat di lingkungan KUA untuk juga masif sosialisasikan kehalalan vaksinasi di BIAN ini Agustus mendatang.

"Kita terangkan manfaat imunisasi bagi masa depan anak beserda dampaknya jika terlewat terhadap kesehatan. Sementara soal kehalalannya, kita harap bisa di bantu sosialisasi dari penyuluh KUA hingga MUI, " Pungkasnya. (Rd)