×

Iklan

Indeks Berita

Sosialisasi di UPTD Pertanian, Huma Eco Enzyme Semakin Menggeliat di Jatisari

20 Jul 2022 | Rabu, Juli 20, 2022 WIB Last Updated 2022-07-20T13:46:34Z
Eco Enzyme dari Huma Eco Enzyme Majalaya, terus menggeliat sebagai media alternatif yang multifungsi untuk meningkatkan kualitas lingkungan lebih bersih dan steril. Baik, cara pengolahan yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan sampah organik, Eco Enzyme juga ampuh menjadi alternatif disinfektan.

Foto : Huma Eco Enzyme Karawang Semakin Menggeliat, selain Jadi Karya Inovasi Kodim, Sosialisasi Racikan Pembuatannya Gencar di minta Petani dan Peternak

Setelah diangkat Kodim 0604/Karawang sebagai penanggulangan PMK di gelaran Pasis Dikreg LXII Seskoad TA 2022 di pameran inovasi Kodam III/ Siliwangi yang bertempat di Mako I Jalan Siliwangi 69 Merdeka Kota Bandung, Jawa Barat, Eco Enzyme hasil racikan Huma Eco Enzyme Majalaya ini, juga membuat sejumlah penyuluh pertanian dan UPTD Pengelolaan Pertanian Kecamatan Jatisari penasaran dan membuat ruang sosialisasi secara khusus dari pengelolanya pada Rabu (20/7/2022).

Pengelola Huma Eco Enzyme Karawang, Anwar Fauzi mengatakan, pihaknya memenuhi undangan dari UPTD PP Jatisari yang pada intinya mengajak dan mensosialisasikan kepada petani dan peternak untuk mulai mengolah sisa sampah organik dijadikan eco enzyme. Seperti diketahui, sebut Anwar, eco enzyme ini dapat bermafaat buat pertanian, kesehatan dan lingkungan. Bahkan, sebutnya, Peternak yang saat ini di rundung kecemasan PMK, diharapkan tidak melulu menunggu bantuan desinfektan dari pemerintah lagi, karena bahan organik di lingkungan sebenarnya sangat banyak dan bisa di manfaatkan.

Foto : Huma Eco Enzyme Karawang Semakin Menggeliat, selain Jadi Karya Inovasi Kodim, Sosialisasi Racikan Pembuatannya Gencar di minta Petani dan Peternak

"Disamping kita dapat manfaat dari eco enzyme itu sendiri, dengab mengolah sampah menjadi eco enzyme berarti kita sudah turut melestarikan bumi, " Katanya.

Ia menambahkan, pelatihan yang di pandunya ini adalah selain menyampaikan sisi manfaat yang multi fungsi dari eco enzyme, juga mendorong serapan pemahaman pengolahan, peracikan dan seluruh proses pembuatannya. 

"Kami berharap, semua pelatihan dan sosialisasi ini bermanfaat dan di serap pemahamannya untuk di praktekan bersama-sama dalam upaya menjaga dan melestarikan kualitas lingkungan di sekitar kita, " Pungkasnya. 

Di tempat terpisah Siti komalaningsih sebagai pendiri dan pengelola huma eco enzyme yang juga Subkor kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner Dinas pertanian dan Ketahanan pangan Karawang merasa optimis, suatu saat para petani dan peternak akan merasakan manfaat dari eco enzyme sehingga mereka akan mengolah limbah organik yang ada di sekitar mereka menjadi eco enzyme, hal ini sebut Nining, ditenggarai dengan semakin banyaknya permintaan peternak maupun petani untuk dilakukan sosialisasi pembuatan dan manfaat eco enzyme.

"Saya optimis, petani dan peternak akan semakin merasa mantap penggunaan eco enzyme ini manfaatnya. Sebab, semakin hari, semakin banyak permintaan peternak maupun petani yang meminta di lakukan sosialisasi pembuatan dan manfaat eco enzyme ini, " Pungkasnya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS