×

Iklan

Indeks Berita

Yayasan Silang Budaya Mau Helat Sendratari 'Napak Rawayan Sang Wali' di Lemahabang

26 Jul 2022 | Selasa, Juli 26, 2022 WIB Last Updated 2022-07-26T09:34:06Z
Ketokohan dan kewalian syekh Hasanudin Bin Yusuf Idhofi atau yang akrab di sapa Syekh Quro, bakal di karyakan sejumlah seniman, sejarahwan dan tokoh masyarakat lewat pagelaran pementasan Seni Drama dan Tari (Sendratari) pada 8 Agustus 2022 mendatang. Acara yang di namai' Napak Rawayan Sang Wali' ini, komandoi Yayasan Silang Budaya dan di pusatkan pementasannya secara langsung lapangan pelataran pabrik podeman Dusun Peundeuy 1 Jalan Syekh Quro RT 03/08 Desa Karyamukti ini. 

Foto : Kegiatan Rapat Minggon Kecamatan Lemahabang dan Sosialisasi Persiapan Pementasan Sendratari Yayasan Silang Budaya di Desa Karyamukti

Rencananya, pementasan sendratari yang juga menyiapkan pesta bazar UMKM lokal ini, akan di hadiri langsung Menteri Pendidikan Riset dan Teknologi RI atau yang mewakili dan di buka langsung Ketua Komisi X DPR RI H Syaiful Huda. 

"Tujuan dari kegiatan Rawayan Sang Wali ini, adalah untuk melestarikan, memelihara dan mengembangkan seni budaya Sunda khususnya bidang pementasan seni, drama dan tari disamping menanamkan budaya tradisional juga menjunjung program pemerintah di bidang seni yaitu Sapta pesona Jawa Barat. Kami sampaikan ini, kepada pak Kades dan Pak Camat, tiada lain memohon dukungan dan supportnya untuk suksesi acara sendra tari ini, " Kata Ketua Yayasan Silang Budaya Kiki Syarifudin M.Hum di sela-sela rapat minggon Kecamatan Lemahabang, Selasa (27/7/2023).

Dukungan lainnya, diharapkan Kiki yaitu dengan menjajakan sejumlah UMKM lokal dari desa-desa yang dibuatkan stannya di lokasi acara. Kemudian, bagi peserta yang hadir dalam bazar, pihaknya sudah bekerja sama dengan tim medis dan Polsek Lemahabang untuk pengadaan vaksinasi covid_19 di tempat acara.

"Kegiatannya pagi sampai siang, di sediakan layanan vaksinasi dan bazar UMKM Lemahabang, sementara acara intinya sendiri akan di mulai pada petang hari sekitar Pukul 19.15 Wib dan dihadiri Bupati Karawang, Menteri Pendidikan dan Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda, " Ungkapnya.

Plt Camat Lemahabang Artha mengungkapkan rasa apresiasinya kepada yayasan silang budaya dan semua panitia yang akan menghelat kegiatan Sendratari Ramayana Sang Wali, dimana sejarah dan riwayat waliyullah yang maqbarohnya di Pulobata Desa Pulokalapa tersebut, akan di pentaskan melalui kesenian ini. 
Oleh karenanya, Muspika Kecamatan mendukung pagelaran ini sebagai wahana untuk mendalami wawasan sejarah yang bisa di serap masyarakat muslim khususnya, lewat pementasan kreatif.

"Seperti kita ketahui, peziarah ke makam Syekh Quro itu banyak setiap malam Sabtu, mereka berharap keberkahan dan karamatnya dari tokoh legendaris penyebar Islam di Nusantara ini, namun dari sebagian mereka mungkin belum banyak tahu soal riwayat dan sejarahnya, maka pementasan ini menjadi solusi dan layak untuk di simak, " Pungkasnya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS