×

Iklan

Indeks Berita

Bupati Karawang Sebut Pesta Rakyat Simpedes Geliatkan Ekonomi

6 Agu 2022 | Sabtu, Agustus 06, 2022 WIB Last Updated 2022-08-06T01:44:02Z
Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Karawang membuka acara Pesta Rakyat Simpedes (PRS) Bank BRI di Lapangan Galuh Mas, Kabupaten Karawang, pada Jumat (5/8/2022). 

Dalam kesempatan itu, bupati menngapresiasi atas acara Pesta Rakyat Simpedes tersebut. Pasalnya, acara itu menghadirkan ratusan pelaku UMKM dan band serta artis ternama di Indonesia. Acara itu digelar pada Jumat, 5 Agustus hingga Minggu, 7 Agustus 2022. 
Cellica Nurrachadiana

"Atas nama pemda, pak kapolres, ucapkan terima kasih. Dan atas nama masyarakat Karawang juga terima kasih, karena hari ini hingga dua hari ke depan ada pesta yang terbesar," kata Cellica pada Jumat (5/8/2022). 

Menurutnya, dalam pesta rakyat yang melibatkan 300 pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) ini sangat membantu peningkatan perekonomian masyarakat, seusai pembatasan aktivitas karena Covid-19. 

"Harapan kami ini bisa menggeliatkan ekonomi, karena kita tahu ini kan melibatkan para UMKM dan hampir 70 persen ini UMKM dari Karawang," ungkap dia. 

Dia meyakini animo masyarakat yang tinggi datang ke acara ini karena sudah lama sekali merindukan sebuah hiburan. 

Apalagi bintang tamu yang datang itu dari artis terkenal di Indonesia. Dari sana, masyarakat yang datang tentu bisa sambil membeli produk UMKM yang ada di acara tersebut. 

"Terima kasih masyarakat kami dikasih kesempatan memasarkan produknya, kita lihat juga anino masyarakat kita datang dan sangat luar biasa. Tentu dapat membeli produk UMKM dan diharapkan ada geliat ekonomi di Karawang, Jawa Barat, juga Indonesia," katanya. 

Tak hanya itu, kata Cellica, adanya pesta rakyat simpedea ini diyakini mampu meningkatkan okupansi hotel di sekitar lokasi. 

Sebab, masyarakat yang datang tidak hanya dari Karawang, ada juga dari sekitar Karawang seperti Subang, Purwakarta hingga Bekasi. 

"Pasti ada pengaruh okupansi hotel, karena saya tanya ada pelaku UMKM dari Subang saya tanya, ibu nginep atau pulang pergi. Mereka jawab nginep di hotel. Belum fans para artis-artis yang tampil ini tentu bisa jadi mereka menginap di Karawang," katanya. 

Sementara itu, Regional CEO BRI Jakarta 2, Prasetya Sayekti menambahkan, kegiatan Pesta Rakyat Simpedes ini sudah dilakukan sejak tahun 2008. Akan tetapi sempat terhenti 2 tahun karena pandemi Covid-19. 

"Ini dilakukan sejak tahun 2008, tapi selama pandemi 2 tahun lalu dilakkan secara virtual. Baru ini lagi on ground, dan terbesar dilakukan. Ini apresiasi kami kepada masyarakat Karawang," katanya. 

Dia menambahkan, ada 300 pelaku UMKM binaan Bank BRI yang dihadirkan dalam acara ini. 200 tenant dan 100 kuliner. 

"Dari jumlah itu 70 persen UMKMnya dari masyarakat Karawang. Khusus kuliner 100 persen dari Karawang," tandasnya. (Oc/rls)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS