×

Iklan

Indeks Berita

Diskominfo Karawang Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi SDM Pengelola Data Statistik Sektoral

31 Agu 2022 | Rabu, Agustus 31, 2022 WIB Last Updated 2022-08-31T13:16:16Z
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karawang menggelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Pengelola Data Statistik Sektoral di Aula Bappeda Kabupaten Karawang pada Rabu (31/8/2022).


Kepala Diskominfo Kabupaten Karawang, Wahidin menuturkan, pihaknya terus berupaya dalam meningkatkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel efektif dan efisien. Salah satunya yakni dengan meningkatkan kapasitias SDM dalam pengelolaan data statistik sektoral.

“Kita ketahui bahwa pemanfaatan data statistik sektoral oleh pemerintah daerah diperlukan untuk melakukan standarisasi data yang akan memudahkan, serta mempercepat proses kebijakan pembangunan dan bagian dari rangkaian terwujudnya satu data Kabupaten Karawang,” ujarnya.


Sebab, kata dia, data statistik sektoral digunakan sebagai dasar dalam menyusun dokumen perencanaan pembangunan daerah dan dokumen perangkat daerah. Disamping itu pula data statistik sektoral merupakan data perencanaan pembangunan. Oleh karena itu, data harus memenuhi prinsip satu data Indonesia.

“Kita menyadari selama ini pemerintah daerah belum tersedia data statistik sektoral yang akurat dan akuntabel. Untuk itu, perlu melakukan penguatan terhadap SDM pengelolaan data statistik sektoral,” tuturnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya pelatihan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai produsen data dapat mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data dan informasi yang ada secara cepat, akurat dan akuntabel. Sehingga, dengan begitu dapat menjadi acuan dalam menyusun renstra serta renja.

“Selain meningkatkan SDM, hal ini juga bisa menghasilkan data sektoral yang berkualitas, meningkatkan tata kelola pemerintahan yang akuntabel efektif dan efisien, Sesuai dengan UU No 16 tahun 1997 tentang statistik, bahwa statistik sangat penting artinya buat perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi penyelenggaraan kegiatan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini turut dihadiri Kepala Bidang Statistik Diskominfo Provinsi Jawa barat, Ida Ningrum, Plt. Kepala BPS Kabupaten Karawang, Novi Rinawati serta pengelola Statistik Sektoral dari OPD dan Kecamatan di wilayah Kabupaten Karawang. (diks)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS