Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana bersama Wakil Bupati (Wabup) Karawang H. Aep Syaepuloh mengikuti Rapat Paripurna di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang dengan agenda mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden pada sidang tahunan MPR RI, Selasa (16/8/2022).


Rapat itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Karawang, Pendi Anwar, dilanjutkan mengikuti sidang tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI dalam sidang Paripurna DPR RI tahun 2022.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) membuka Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR dan DPD RI 2022. Sebelum memberikan pidato pengantar Sidang Tahunan, Bambang Soesatyo menyampaikan dua buah pantun.

"Ada burung di atas dahan, dahannya ada di pohon beringin. Saya ucapkan salam pembukaan, kepada semua para hadirin," kata  Bambang Soesatyo di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

"Agustus bulan kemerdekaan, gotong royong menjadi kekuatan. Agar Indonesia sukses menyongsong masa depan, jaga terus persatuan dan kesatuan," tambahnya.

Adapun, agenda Sidang Tahunan tersebut diawali dengan Pengantar Sidang oleh Ketua MPR RI dan dilanjutkan oleh Pidato Ketua DPR RI Puan Maharani.

Kemudian, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan pidato menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato dalam rangka HUT ke-77 Republik Indonesia.

Selain itu, presiden menyampaikan keterangan pemerintah atas RUU APBN 2023 beserta nota keuangan negara. Presiden Jokowi tiba mengenakan pakaian adat berwarna hijau dan penutup kepala berwarna emas dan Wakil Presiden, KH. Ma'ruf Amin tampak mengenakan pakaian daerah beskap hitam dilengkapi blangkon coklat dan keris. (diks)