Hari pertama memulai pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN), sejumlah pegawai layanan vaksinasi Puskesmas Kotabaru sudah melakukan sweaping keliling kampung, Senin (1/8/2022). Hal itu dilakukan selain demi serapan capaian BIAN di wilayah kerja, juga hasil evaluasi di lapangan yang persentasenta kurang dari 90 persen target imunisasi di 4 titik posyandu dalam sehari.
Foto : serapan kurang dari 90 persen di 4 titik, Sejumlah Pegawai Puskesmas Kotabaru langsung Sweeping ke rumah-rumah di hari pertama BIAN


"Sengaja kita lakukan sweeping, biar cepat selesai dan langsung di evaluasi capaian berapa dan kendala di lapangan apa saja bersama Kasubag TU, Bidan Koordinator, Bidan desa se wilayah Puskesmas Kotabaru. Nanti juga ada sweeping selanjutnya, " Kata Kepala Puskesmas Kotabaru, H Ucin Supriyadi.

Ia merinci, imunisasi hari pertama di 4 titik antara lain di Posyandu Bungur 8 Desa Pangulah Selatan 87 persen, Posyandu Sedap Malam 1 Desa Pangulah Utara 71 persen, Posyandu Bungur 10 Desa Pangulah Selatan 32 persen dan Posyandu Sakura 4 Desa Wancimekar 89 persen. 
Foto : serapan kurang dari 90 persen di 4 titik, Sejumlah Pegawai Puskesmas Kotabaru langsung Sweeping ke rumah-rumah di hari pertama BIAN

"Kendala di lapangan terus kita rapatkan dan sweeping ini dilakukan bersama Babinsa dan Babinkantibmas desa, " Katanya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Majalaya Silahudin Ajiz mengatakan, hari pertama pihaknya fokus sasaran BIAN di Desa Bengkel dengan 5 Titik Posyandu, yaitu Posyandu Kencana 1,2,3,4 dan 8 dengan jumlah sasaran ada di tiap Posyandu. Semuanya pelaksanaan di fokuskan di Posyandu, sementara kalau ada jumlah sasaran yang banyak, maka akan di laksanakan di tempat yang luas, misalnya di Paud.

"Sehari lima titik, semuanya fokus di Posyandu, kalau anak SD nanti ada BIAS, " ujarnya. (Rd)