Sebanyak 3.311 balita usia 9-59 bulan di 7 Desa se Kecamatan Cilamaya Wetan, jadi target vaksin imunisasi dalam Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) selama Agutus ini. Memulai pelaksanaan serentak, Puskesmas Cilamaya yang merupakan puskesmas dengan layanan BLUD terbaik 1 Karawang 2022 ini, memulai kick off BIAN bersama Muspika dan Kades se Kecamatan Cilamaya Wetan di Posyandu Melati Suci 1 Kampung Tenggulun Desa Cikalong, Kamis (4/8/2022). 

Foto : Kegiatan Kick Off BIAN di Posyandu Tenggulun Desa Cikalong Kecamatan Cilamaya Wetan, Kamis (4/8/2023)

Dalam keterangannya kepada pelitakarawang.com, Kepala Puskesmas 
Cilamaya dr Ahmad Nurdin mengatakan, Kick Off tingkat Nasional Jawa Bali tahap II sudah di gelar Kemenkes langsung di RSUD Karawang pada Rabu kemarin (3/8/2022). Pihaknya tindaklanjuti gelar kegiatan Kick Off serupa sebagai wujud semangat bersama masyarakat atas pelaksaan BIAN sepanjang Agustus yang menyasar 3.311 anak usia 9-59 bulan ini. Pelayanan BIAN di gelar berturut-turut di 45 posyandu binaan di wilayah Puskesmas Cilamaya yang meliputi Desa Cikalong, Tegalsari, Cikarang, Tegalwaru, Mekarmaya, Cilamaya dan Muara.

Foto : Kegiatan Kick Off BIAN di Posyandu Tenggulun Desa Cikalong Kecamatan Cilamaya Wetan, Kamis (4/8/2023)

"Ada 3.311 anak yang jadi target imunisasi di Cilamaya Wetan, kita beri layanan itu di 45 posyandu, " Katanya.

dr Nurdin menambahkan, mendukung pelaksanaan BIAN sesuai target yang diharapkan, Puskesmas sebutnya tidak bisa kerja sendiri, tetapi ada peran serta lintas sektor, terutama dadi perangkat desa, kades, dan para kader posyandu yang diharapkannya bisa optimal dalam menggerakkan masyarakat yang memiliki anak usia 9-59 bulan untuk di imunisasi.

"Insha Allah, target BIAN di Cilamaya bisa tercapai, Amin, " Harapnya.

Mewakili Camat, Kasie PMD Kecamatan Cilamaya Wetan Ade Ruhyana mengatakan, pihak kecamatan mendukung penuh pelaksanaan BIAN di wilayah Puskesmas Cilamaya dan Puskesmas Sukatani selama Agustus ini. Karenanya, pihaknya mengajak semua pihak untuk terlibat langsung sukseskan imunisasi anak selama Agustus ini sesuai perannya masing-masing. Sebab, imunisasi ini penting bagi kesehatan dan tumbuh kembang anak di masa mendatang.

"Kita suport sekaligus mengajak semua pihak untuk sama-sama sukseskan BIAN di Kecamatan Cilamaya Wetan ini, " Pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan launching BIAN Cilamya Wetan tersebut Kasie Trantib, Kades Cilamaya Wetan, Kepala Satpel KB, sejumlah Bidan Desa dan Kader Posyandu di wilayah Puskesmas Cilamaya dan Sukatani. (Rd)