Wabah virus penyakit mulut dan kuku (PMK) yang saat ini masih terus menyerang sapi dan domba. Jika tidak ada tidakan pencegahan maka akan menimbulkan kerugian ekonomi bagi para peternak. 


Melihat kondisi tersebut, DPC Himpunan Alumni IPB bergerak dan bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karawang melakukan sebuah kegiatan bersama yang bernama Gema Simponi (Gerakan Memasyarakatkan Desinfeksi dan Minum Empon-Empon Sejak Dini).

Gema Simponi adalah gerakan untuk mengajak para peternak dalam pencegahan terhadap virus PMK dengan melakukan desinfeksi kandang dan memberi minum ternak berupa empon-empon secara berkala dan terjadwal. Agar Gema Simponi ini dapat dirasakan masyarakat, maka DPC Himpunan Alumni IPB dan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karawang berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk dapat menyampaikan informasi yang ada dalam Gema Simponi, diantaranya berkolaborasi dengan program Gebyar Paten (Pelayanan Administrasi Publik Terpadu Kecamatan) di Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang.

Program Gebyar Paten ini merupakan program unggulan Pemerintah Daerah Kabupaten Karawang karena sangat diminati oleh masyarakat, dalam program tersebut semua pelayan administrasi berada dalam satu lokasi satu hari, yaitu di setiap kantor kecamatan. 

Pelayanan administrasi tersebut meliputi pelayanan SIM, PLN, PDAM, Imigrasi, KTP, KK, dan bazar UMKM. Dalam persiapan menuju kegiatan Gebyar Paten, tim DPC Himpunan Alumni IPB Karawang yang dipimpin oleh drh. Nani Dwi Astuti melakukan koordinasi dan melakukan sosialisasi kepada kepala desa se-Kecamatan Tegalwaru pada acara minggu kecamatan.Selain itu tim DPC Himpunan Alumni IPB Karawang juga membagikan poster edukasi PMK.

Dalam sambutannya Wakil Bupati Karawang, H. Aep Syaepuloh, SE sangat mengapresiasi DPC Himpunan Alumni IPB Karawang atas kepeduliannya kepada masyarakat peternakan. Inilah yang diharapkan oleh Wakil Bupati, bahwa adanya sinergi dari komunitas untuk sama-sama membangun Kabupaten Karawang dan berbagai aspek. Akhir sesi kegiatan, Ketua DPC Himpunan 

Alumni IPB Karawang, Ir. Ivan Kuntara memberikan plakat penghargaan atas apresiasi dan dukungannya kepada Wakil Bupati Karawang, Camat Tegalwaru dan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Karawang.(red)