×

Iklan

Indeks Berita

Perkenalkan Produk UMKM pada Masyarakat di Reses Mak Sri Rahayu Agustina

24 Agu 2022 | Rabu, Agustus 24, 2022 WIB Last Updated 2022-08-24T04:07:16Z
Reses III Tahun Sidang 2021-2012 Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Hj Sri Rahayu Agustina,SH Dapil X Karawang - Purwakarta di Desa Sindangmukti Kecamatan Kutawaluya, Rabu (24/8/2022).


Reses itu menggandeng Dinas Koperasi UKM dan Dinas Perdagangan Karawang menyampaikan peluang wirausaha pada masyarakat Desa Sindangmukti Kecamatan Kutawaluya.

H.Amid Mulyana, Sekretaris Dinas Koperasi menyampaikan, UMKM Karawang sudah berkembang. Hingga kini bisa masuk pasar modern seperti Alfamart, Indomart dan Mall di Karawang. 

"Sejumlah produk sudah masuk di Alfa dan Indomart. Produk masyarakat kita bantu pemasarannya," katanya.

Namun demikian, Amid menyebutkan, kemasan produk harus menarik serta bisa bertahan lama. 

"Kemasan menarik bisa bisa masuk pasar modern. Pemerintah siap bantunya," ujarnya.

Tak jauh beda disampikan Ahmad Rifai, Kasi di Disperindag. Menurutnya, dinas memberikan bantuan pada pelaku usaha tinggal mengajukan ke dinas.

Ia juga menyampaikan, pelaku usaha perlu membuat gagasan baru produk yang dijual agar berbeda dari yang lain. Misalnya, telur asin. Telur asin asal Karawang sudah sampai luar negeri.

"Hal itu karena citra rasa yang berbeda dari yang lain. Sehingga banyak peminatnya dan sampai ke luar negeri," ujarnya

Rahmawati Dewi, Kepala Desa Sindangmukti, menyambut baik kedatangan politisi Golkar ke Sindangmukti. Menurutnya, masyarakat perlu edukasi dan motivasi dari dinas dan DPRD untuk wirausaha.

"Alhamdulillah, kedatangan bu dewan dan dinas bisa membantu kami dari pemerintahan desa untuk motivasi masyarakat," ujarnya.

Hj Sri Rahayu Agustina,SH menyampaikan, reses ini untuk menyerap aspirasi dari masyarakat untuk disampaikan di Jawa Barat. Salah satunya adalah UMKM.

"Kita ingin mengetahui sejauh mana tingkat perekonomian masyarakat. Hasilnya, akan kami sampaikan ke Pemkab Karawang dan Gubernur Jawa Barat," kata Mak Sri panggilan akrabnya.

Mak Sri juga memotivasi agar pengembangan UMKM di Sindangmukti terus berjalan. Pasalnya, bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Di desa ada BUMDes, bisa dimanfaatkan untuk peningkatan perekonomian masyarakat," tandasnya.(es)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS