Dalam rangka HUT ke-77 Republik Indonesia, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Karawang bersama Pejuang Siliwangi menggelar Lomba Baca Puisi "Karawang-Bekasi" Karya Chairil Anwar dan "Pancaran Sinar 45 dari Karawang" Karya Dede Mulyana. 


Lomba itu digelar di Waroeng Lengkong Kodim 0604 Karawang pada Rabu (10/8/2022). 

Saat pembukaan acara lomba, dihadiri Sekretaris Daerah Karawang sekaligus Ketua Pejuang Siliwangi (PS) Acep Jamhuri, Letkol Kav Makhdum Habiburrahman, Kepala Kejaksaan Negeri Karawang, Martha Parulina Berliana,  Ketua KNPI Kabupaten Karawang Guntar Mahardika, perwakilan Polres Karawang dan Imigrasi Kelas IIA Karawang, Lapas Kelas IIA Karawang. 

Ketua Pejuang Siliwangi Jawa Barat sekaligus Sekretaris Daerah Karawang Acep Jamhuri mengatakan Pejuang Siliwangi bersama PWI Karawang ingin berkontribusi dalam memeriahkan hari Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Melalui lomba puisi itu, diharapkan para peserta dapat mengekspresikan perasaan mengenai peristiwa perjuangan-perjuangan para pahlawan. 

"Semoga dengan lomba baca puisi ini bisa mengambil makna nasionalisme patriotisme dengan cara mengisi kemerdekaan," katanya. 

Ketua Panitia Panji Mayza Perdana mengatakan, ada 67 peserta yang mengirimkan video baca puisi, baik kategori pelajar maupun mahasiswa/ umum. 

Dari jumlah itu panitia melakukan kurasi, hingga akhirnya tersaring 10 kategori pelajar dan 11 kategori mahasiswa/ umum. 

"Jadi hari ini perlombaan baca puisi di atas panggung, yang akan tentukan juara 1, 2, dan 3 setiap kategori," kata Panji. 


Panji menjelaskan, dalam lomba baca puisi peserta yang lolos kurasi akan membacakan puisi Karawang-Bekasi" Karya Chairil Anwar dan "Pancaran Sinar 45 dari Karawang" Karya Dede Mulyana. 

Nantinya, mereka yang tampil akan dinilai oleh dewan juri Penyair Nasional Peri Sandi Huizche dan Budayawan Abah Sarjang. 

Dalam kesempatan itu, Panji berharap kegiatan ini agar menjadi agenda rutin di Karawang, dengan skala lebih besar lagi mulai dari se-Purwasuka (Purwakarta Subang Karawang), se-Jawa Barat maupun se-Indonesia. 

"Bicara karawang engga lepas dari dunia kesastraan, biasanya Karawang ada destinasi kuliner dan wisata alam. Tapi kedepan Karawang bisa menjadi destinasi wisata sastra," katanya. 

Kegiatan lomba baca puisi ini disponsori oleh Sharp, Bank BJB, Summarecon Karawang, Galuh Mas, Pertamina PHE-ONWJ, Pindo Deli, eL-Record. Tak hanya lomba baca puisi, acara Kirab di Rengasdengklok pada 16 Agustus 2022 juga disponsori para sponsor tersebut. (Rd)