Gelaran Pesta Rakyat Simpedes BRI  2022 digelar di Karawang di Lapangan Galuh Mas.
Foto : 300 UMKM Meriahkan Pesta Rakyat Simpedes di Karawang,


PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menyelenggarakan Pesta Rakyat Simpedes BRI sebagai wujud mengakselerasikan UMKM menuju digitalisasi dan memberikan layanan yang utuh bagi UMKM serta nasabah BRI. 

Pada acara peresmian pembukaan kegiatan yang menampilkan pameran UMKM binaan BRI ini, dihadiri oleh Regional CEO Jakarta 2, Prasetya Sayekti dan Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana.

Karawang dipilih sebagai kota penyelenggaraan PRS BRI kali ini berdasarkan nilai historis, dimana Karawang merupakan tempat awal perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Hal ini adalah wujud nyata BRI dalam mendukung perjuangan masyarakat dan UMKM, demi mencapai perekonomian masyarakat yang lebih baik. 
Foto : 300 UMKM Meriahkan Pesta Rakyat Simpedes di Karawang,

Regional CEO Jakarta 2 BRI, menyampaikan dalam sambutannya, “Karawang ini menjadi tempat spesial bagi penyelenggaraan ini disamping apresiasi kepada masyarakat Kabupaten Karawang dan sekitarnya, tentunya bahwa Karawang tidak dapat dilepas dari sejarah panjang kemerdakaan Indonesia, bahwa di Kabupaten Karawang tepatnya di Rengasdengklok sebagai tempat pertama kali bendera merah putih dikibarkan. Hal ini relevan dengan BRI yang selalu hadir disetiap aktifitas masyarakat untuk memberikan makna kepada Indonesia," ujar Prasetya Sayekti sebagai Regional CEO Jakarta 2.

Kegiatan ini terdiri dari 6 (enam) Pilar, yaitu Pawai, Panggung, Pasar, Panen, Pojok X’sis, dan peduli. Selama penyelenggaran PRS BRI Karawang hari ini telah menampilkan Pawai yang bertujuan untuk literasi digital kepada lebih dari 7.000 pelaku UMKM yang tersebar di 14 pasar atau sentra ekonomi di wilayah Karawang, kegiatan ini dilakukan kepada 10.000 UMKM yang hadir melalui talkshow interaktif serta kegiatan transaksi non-tunai di bazaar UMKM maupun kuliner.

Panggung hiburan seperti band lokal, dan band Ibukota, seperti Kotak, D’masiv, dan Ungu. Event ini menampilkan berbagai tenant UMKM sebanyak 300 UMKM yang juga menjadi bagian dari UMKM binaan BRI. 

Pasar yang menghadirkan 300 UMKM binaan BRI ini menjadi kegiatan positif bagi UMKM di Karawang, hal tersebut disampaikan oleh Bupati Karawang sebagai perwakilan tuan rumah Kabupaten Karawang.

“Kehadiran BRI sebagai penyelenggara Pesta Rakyat Simpedes BRI 2022 ini mampu menstimulus perekonomian masyarakat di Kabupaten Karawang melalui Pasar UMKM yang menampilkan produk-produknya dan menjadi ajang promosi yang lebih luas bagi UMKM,” ujar Cellica Nurrachadiana.

Pojok X’Sis sebagai area pengunjung untuk mengaktualisasi diri serta menambah pengetahuan dengan berbagai aktivitas seni dan olahraga, literasi digital, pengenalan Digital Banking Experience, coaching clinic atau capacity building kepada komunitas.

Sedangkan, Panen undian hadiah simpedes dan doorprize untuk pengunjung. Peduli, melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) yang ditujukan kepada masyarakat sekitar berupa cek kesehatan gratis untuk masyarakat.

Dalam penyelenggaraan PRS BRI kali ini juga bertujuan untuk meningkatkan edukasi dan literasi digital terhadap UMKM Kabupaten Karawang, dalam bertransaksi menggunakan aplikasi BRIMO. 

Sementara itu, Branch Manager BRI Karawang, Hendra Hermawan, mengatakan, Karawang dipilih jadi sentral untuk mengadakan Pesta Rakyat Simpedes.

"Cukup besar di Karawang kita bisa menyalurkan Rp1,7 Triliun untuk credit micro, dan KUR sekitar Rp700-800 Miliar," ujar Hendra.

Salah satu tujuan Pesta Rakyat Simpedes ini kata Hendra untuk menumbuhkembangkan UMKM tersebut. (Rd/rls)