Puluhan serikat nelayan Karawang, deklarasi forum Kelompok Usaha Bersama (KUB) di Pasirputih Desa Sukajaya Kecamatan Cilamaya Kulon, Selasa (2/8/2022). Selain deklarasi, para nelayan juga diskusi berjamaah membahas UU Nomor 7 Tahun 2016.

 
Foto : Forum Serikat Nelayan Karawang Deklarasi Forum Kelompok Usaha Bersama di Pasirputih
Masrukhin, Tokoh serikat nelayan Karawang mengatakan, pihaknya gelar acara Deklarasi Forum KUB dan Diskusi UU Nomor 7 Tahun 2016 yang di hadiri langsung oleh pengurus dari 5 KUB yaitu 1 KUB dari Desa Sukakerta, 3 KUB dari Desa Sukajaya dan 1 KUB dari Desa Pusaka Jaya. Tak hanya itu, deklarasi ini juga sebenarnya mengundang pejabat Dinas Perikanan dan Kelautan Karawang hingga penyuluh perikanan wilayah pasir putih, namun sayang keduanya berhalangan hadir.

"Deklarasi ini di pimpin langsung Sekjen SNI Budi Laksana dan langsung gelar diskusi bersama meskipun tanpa ada narasumber dari Dinas dan penyuluh perikanan, " Ujarnya.
Foto : Forum Serikat Nelayan Karawang Deklarasi Forum Kelompok Usaha Bersama di Pasirputih

Dalam diskusi sendiri, sebut Masrukhin, 
disampaikan beberapa hal diantaranya soal pentingnya berserikat atau berorganisasi, kemudian memahami sedikit dari klausul pasal-pasal penting yang di jadikan dasar nelayan bahwa mereka telah dilindungi oleh peraturan perundang-undangan, sampai dengan pembahasan skema maksud dan tujuan SNI dalam menyatukan KUB yang sudah terbentuk, yaitu menciptakan paradigma baru tentang KUB yang bukan hanya sebagai alat memperoleh bantuan.

"Rencana-rencana tindak lanjut dalam membangun kemandirian nelayan, ini penting untuk membuka ekonomi alternatif dengan berkolaborasi bersama pemerintah daerah, " Ujarnya.


 Ketua Forum Komunikasi KUB ini menambahkan, sangat disayangkan pihak Dinas absen dalam kegiatan deklarasi ini, padahal yang ia harapkan adanya kehadiran pihak Dinas maupun Penyuluh secara langsung sehingga bisa sharing, bertukar pikiran dan bisa berdiskusi dengan menjalin hubungan yang baik agar kedepan mampu berkolaborasi dalam mengurus kemaslahatan nelayan. Baik memberikan informasi program yang bisa di kerjasamakan, informasi kebijakan (pusat maupun daerah) baru yang belum di ketahui, apalagi rajungan saat ini harganya semakin bikin nelangsa para nelayan. 

"Sayangnya gak hadir sih, padahal ini penting untuk membahas berbagai agenda dan program bersama demi kemaslahatan para nelayan, " Ungkapnya. (Rd)