Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) akan demo di depan Istana Merdeka untuk menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Melalui akun Instagram @bem_si, rencananya kelompok tersebut bakal turun ke jalan pada pukul 10.00.

"Menindaklanjuti ultimatum pada tanggal 8 September 2022, lagi-lagi kami dibuat kecewa dengan ketidakadaannya pemenuhan tuntutan oleh pemerintah," tulis BEM SI melalui akun Instagram mereka @bem_si, Rabu, 14 September 2022.

Adapun sejumlah tuntutan yang mereka serukan atas kebijakan pemerintah ini, yaitu:

1. Menuntut dan mendesak pemerintah untuk mencabut keputusan kenaikan BBM.

2. Menuntut dan mendesak pemerintah menunda proyek strategis nasional yang tidak berdampak langsung kepada masyarakat dan mengalihkan anggaran ke subsidi BBM.

3. Menuntut dan mendesak pemerintah untuk menerapkan regulasi pemakaian BBM Bersubsidi secara tegas.

BEM SI pernah mengadakan demo tolak kenaikan BBM pada 8 September 2022 di tempat yang sama. Mereka melayangkan ultimatum kepada pemerintah 7x24 jam untuk mengembalikan harga BBM seperti semula, jika tidak, akan ada massa demo yang lebih banyak lagi turun ke jalan.

"Jika ultimatum ini tidak dijawab oleh pemerintah Indonesia, maka Aliansi BEM Seluruh Indonesia akan turun aksi kembali dengan massa yang lebih banyak lagi," tulis BEM SI di Intagram resminya.

Tidak hanya BEM SI, beberapa waktu lalu berbagai aksi telah dilakukan masyarakat dari berbagai elemen dan latar belakang. Mereka memprotes kebijakan kenaikan harga BBM oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).(tempo)