×

Iklan

Indeks Berita

Charles Diangkat Jadi Raja Inggris, Kapan Pemasangan Mahkotanya?

10 Sep 2022 | Sabtu, September 10, 2022 WIB Last Updated 2022-09-09T21:21:33Z

Kabar duka mendalam datang dari Kerajaan Inggris. Ratu Elizabeth II dikabarkan meninggal dunia pada usia 96 tahun di Kastil Balmoral pada Kamis, 8 September 2022.

Ratu Elizabeth II menduduki masa pemerintahan selama 70 tahun. Dan ini merupakan masa pemerintahan terlama dalam sejarah monarki Britania Raya. Melampaui masa pemerintahan nenek buyutnya, Ratu Victoria, yang memerintah selama 63 tahun.

Setelah Ratu Elizabeth meninggal, Kerajaan Inggris kemudian langsung mengumumkan raja baru, yaitu Pangeran Charles. Pangeran Charles kini naik tahta menjadi Raja Charles III. Hal tersebut dikonfirmasi Clarence House seperti diberitakan AFP pada Kamis petang.

"Raja baru Inggris akan secara resmi dikenal sebagai Charles III,” ditulis dalam keterangan Clarence House.

Tahapan pengangkatan raja

Beberapa tahapan akan dilakukan sesuai dengan tradisi pengangkatan. Pangeran Charles adalah putra sulung dari Ratu Elizabeth II. Ia menjadi pewaris tertua dalam sejarah Inggris karena dia kini berusia 73 tahun. Istri dari Pangeran Charles, Camilla, secara resmi diangkat juga menjadi permaisuri.

Pengangkatan Pangeran Charles menjadi Raja Charles III ini dinamakan dengan Operation Spring Tide. Artinya, raja baru akan melakukan audiensi dengan para perdana menteri dan kabinet.

Dikutip dari BBC, Charles diperkirakan resmi menjadi Raja pada Sabtu, 10 September 2022. Penganugerahannya dilaksanakan di Istana St James, London, di hadapan Dewan Penobatan (Accession Council). Dewan Penobatan terdiri atas anggota dari Dewan Privy yang berasal dari parlemen senior, baik sekarang maupun di masa lalu; pegawai negeri senior; komisaris tinggi persemakmuran; dan juga wali kota London.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Dewan Privy akan mengumumkan kematian Ratu Elizabeth. Selain itu juga akan disampaikan proklamasi dukungan kepada raja atau ratu yang baru. Proklamasi ini kemudian akan ditandatangani para tokoh senior termasuk perdana menteri dan Uskup Agung Canterbury.

Kapan pemasangan mahkotanya?

Untuk prosesi pemasangan mahkota, biasanya tidak akan dilaksanakan dengan cepat karena membutuhkan persiapan. Sebagai gambaran, Ratu Elizabeth naik tahta pada Februari 1952, tapi upacara pemahkotaan baru dilaksanakan pada Juni 1953.

Upacara ini biasanya dihadiri para pemimpin dunia. Dan Raja Charles akan disumpah dan disaksikan seluruh dunia. Dalam upacara ini, Uskup Agung Canterbury akan memasang emas di mahkota sang raja.(med)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS