×

Iklan

Indeks Berita

Wakil Karawang Lomba Posyandu Jabar, KWT Barugbug Terima Sosialisasi Eco Enzyme

2 Sep 2022 | Jumat, September 02, 2022 WIB Last Updated 2022-09-02T14:35:28Z
Desa Barugbug Kecamatan Jatisari, menjadi wakil Kabupaten Karawang dal.lomba posyandu tingkat Provinsi Jawa Barat tahun ini. Lintas OPD, berikan pembekalan dan pembinaan secara maraton kepada sejumlah kader posyandu menghadapi lomba tersebut, tanpa kecuali Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Karawang. 
Di wakili Subkoor Keswan dan Kesmavet Distan Nining Komalaningsih bersama Kepala UPTD Pengelolaan Pertanian Kecamatan Jatisari, sejumlah kader posyandu dan Kelompok Wanita Tani (KWT) setempat di latih memproduksi cairan multiguna Eco Enzyme. 

Foto : Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme di Desa Barugbug Kecamatan Jatisari dari Dinas Pertanian


"Kami haturkan terima kasih kepada Dinas pertanian dan ketahanan pangan karawang dan UPTD PP kecamatan Jatisari yang sudah memberikan pembekalan dan pelatihan kepada para kader dan KWT Desa Barugbug, juga kepada Huma Eco Enzyme yang sudah memberikan wawasan cara produksi cairan multifingsi dari bahan sampah buah-buahan dan sayur ini sebagai tambahan ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat kami, " Kata Kades Barugbug Kecamatan Jatisari, Eman Sulaeman, Jumat (2/9/2022).


Foto : Kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan Eco Enzyme di Desa Barugbug Kecamatan Jatisari dari Dinas Pertanian

Subkoor Keswan dan Kesmavet Distan Karawang, Siti Komalaningsi mengatakan, dalam rangka untuk persiapan pelaksanaan lomba posyandu tingkat provinsi berbasis dinas, dimana beberapa dinas telah memberikan pembinaan kepada kader untuk persiapan lomba. Hari ini, Jumat (2/9/2022) giliran Dinas Pertanian dan ketahanan pangan yang memberikan materi. Pihaknya, didampingi kepala UPTD PP Kecamatan Jatisari bersama para penyuluh, memberikan pembekalan dalam bentuk pelatihan pembuatan eco enzyme sebagai cairan multi manfaat yang ramah lingkungan, karena sebut Nining, semua bahannya berasal dari sampah organik yaitu dari kulit buah, buah afkir dan sayuran.

"Kami berikan pelatihan pembuatan ECO Enzyme kepada kader dan KWT Desa Barugbug, karena desa ini akan menjadi Wakil Karawang dalam lomba Posyandu tingkat Jabar, " Katanya.

Nining yang juga Pengelola Huma ECO Enzyme Kecamatan Majalaya ini menambahkan, seperti halnya pada saat hari lingkungan hidup sedunia, Dinas lingkungan hidup karawang di bawah komando Pak Wawan Setiawan, telah melakukan penggelontoran cairan eco enzyme ribuan liter ke Bendung Barugbug, wal hasil, saat ini sungai yang bermuara ke Cilamaya ini, yang dulu airnya hitam dan berbau, sekarang ini  mulai berkurang.
Alhamdulillah juga, sebut Nining, hari ini dari Dinas Pertanian hari ini datang langsung ke KWT Barugbug untuk melaksanakan pelatihan di sini.
"Kami berharap, kedepannya para peserta yang saat ini hadir dapat menularkan ilmunya yang didapat hari ini ke ibu-ibu yang lainnya. Bahkan, eco enzyme ini juga akan dimanfaatkan sebagai pupuk untuk tanaman-tanaman yang ada di halaman rumah warga, " Tutupnya.

Kepala UPTD PP Jatisari, Luluk menyampaikan, agar para anggota di KWT yang selama ini didampingi oleh ibu Ira Mirawati selaku pembina KWT, kiranya dapat mempraktekan hasil pelatihan pembuatan eco enzyme di KWT "sumber lestari" tersebut. Sehingga, KWT sumber lestari ini, memiliki produk yang dibuat sendiri dengan bahan yamg banyak ditemukan di sekitar lingkungan dan dimanfaatkan di KWT itu sendiri, "

"Mari kita kembangkan, kegiatan ini sekaligus di ajak langsung oleh Ibu Subkoor kepada para peserta untuk memulai memanfaatkan sampah organik menjadi eco enzyme agar sampah organik tersebut dibuang ke lingkungan serampangan, " Pungkasnya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS