×

Iklan

Indeks Berita

Bertolak ke Malang, Kapolri Turun Langsung Usut Tragedi Kanjuruhan

2 Okt 2022 | Minggu, Oktober 02, 2022 WIB Last Updated 2022-10-02T12:12:57Z

PELITAKARAWANG.COM - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo akan bertolak ke Malang, Jawa Timur, hari ini, Minggu (10/2/2022). Tak hanya Kapolri, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali juga ke Malang buntut kerusuhan di Stadion Kanjuruhan.

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo

"Sesuai dengan perintah Presiden, hari ini Bapak Kapolri bersama dengan Bapak Menpora akan langsung bertolak dari Jakarta ke Malang," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo.


Terkait kejadian yang merenggut ratusan nyawa itu, Polri juga menyampaikan duka cita. Saat ini, Polri menerjunkan tim Disaster Victim Identification (DVI) untuk mempercepat proses identifikasi korban kerusuhan pasca laga Arema FC versus Persebaya tersebut.


"Pak Kapolri saat ini sudah memberangkatkan tim DVI yang dipimpin oleh Irjen Nyoman langsung menuju ke Malang kemudian mengerahkan seluruh tim dokter dari Rumah Sakit Bhayangkara Malang, Rumah Sakit Bhayangkara Kediri, Rumah Sakit Bhayangkara Surabaya," katanya.


Polda Jatim menyampaikan ada 127 orang meninggal dunia akibat kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, tadi malam. Kerusuhan terjadi usai pertandingan antara Arema FC versus Persebaya berakhir dengan skor 2-3. Pertandingan dimenangkan Persebaya Surabaya.


Sebanyak 125 Aremania dikabarkan menjadi korban tewas dalam insiden tersebut. Ada dua anggota kepolisian yang juga dikabarkan tewas.


Mayoritas para korban meninggal dunia karena sesak nafas dan terinjak-injak usai pihak kepolisian melempar gas air mata untuk melerai kerusuhan.


"Dalam kejadian tersebut telah meninggal 127 orang, dua di antaranya anggota Polri, dan 125 yang meninggal, di stadion ada 34," ujar Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta di Mapolres Malang.


Korban tewas akibat kerusuhan tersebut dikabarkan kembali bertambah. Para korban luka juga masih dilakukan perawatan intensif. Berdasarkan keterangan Presiden Joko Widodo (Jokowi), jumlah korban tewas bertambah menjadi 129 orang.


PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) memutuskan untuk menghentikan kompetisi BRI liga 1 2022/2023 selama sepekan. Selain itu, PT LIB menyampaikan duka cita mendalam bagi para korban.(okezone)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS