Foto : Kampung Batik Karawang Hadir di Kampung Cilempung Desa Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon.

Dusun Cilempung RT 21/04 Desa Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon, di launching jadi kampung Batik Karawang, Kamis (20/10/2022). Di Buka langsung Dandim 0604/Karawang dan Kepala Kejaksaan Tinggi Negeri (Kajari) Karawang, kampung batik pertama di Karawang ini merupakan hasil garapan Yayasan Asolahiyah bekerjasama dengan Akayla Naraya, Desainer cilik Indonesia asli Cilamaya Kulon. 

"Dengan bangga kami persembahkan  warna baru budaya Nusantara dengan menciptakan Kampung Batik Karawang " mari kita lestarikan budaya Nusantara agar dapat dinikmati oleh anak cucu kita" ungkap Akeyla Naraya.
Foto : Kampung Batik Karawang Hadir di Kampung Cilempung Desa Pasirjaya Kecamatan Cilamaya Kulon

Heru Saleh, Ketua Yayasan Asolahiyah Cilamaya Kulon mengatakan, hadirnya kampung batik tulis di Karawang ini adalah wahana untuk memberi pesan edukasi masyarakat dan pelajar agar cinta terhadap produk lokal dan warisan dunia melalui Batik Karawang, kedepan Yayasan Assolahiyah bersama Akeyla akan Menyelenggarakan Batik Karawang Goes to school. 

"Beragam motif batik khas Karawang di ciptakan disini, mulai motif tugu proklamasi, rawagede, candi jiwa, " Katanya.

Heru menambahkan, bersama desainer Akeyla Naraya, pihaknya juga membuka ruang kepada masyarakat untuk lebih dalam mengetahui soal batik lewat modul membatik yang bisa di akses via Website, utamanya bagi warga belajar pendidikan kesetaraan. Disana tersedia menu  pemahaman dasar Batik, sejarah batik, jenis-jenis batik, motif batik, Isen-isen, alat dan bahan membatik maupun tahapan membatik. Harapan kedepannya, semoga dengan hadirnya kampung batik ini, selain mampu mengedukasi masyarakat soal batik sebagai warisan budaya bangsa, juga terus ada support pengembangan, perluasan dan karya-karyanya yang lahir di tempat ini. Lebih dari itu, kampung batik ini bisa menjadi tempat bagi masyarakat, pelajar pendidikan formal dan non formal untuk sama-sama belajar lebih dalam soal batik.

"Dulu kita kenal batik Karawang, tapi di produksi di Kabupaten/kota lain. Nah sekarang ini, selain mewujudkan batik Karawang, juga menciptakan motif hingga produksinya di Karawang, tepatnya di Cilempung ini, " Katanya.


Launching Kampung Batik Karawang ini dibuka langsung oleh ibu Kajari dan bapak Dandim, dalam kegiatan launching ini peserta didik Pendidikan Kesetaraan PKBM Assolahiyah sebagai model penampilan karya batik Karawang, disamping itu para tamu undangan melihat proses pembuatan batik yang jalankan oleh para pembatik masyarakat sekitar dan pembatik khusus difabel.

Hadir dalam launching kampung batik tersebut selain Dandim dan Kajari Karawang juga nampak pejabat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Ketua PGRI Karawang, Dewan Pendidikan, Camat Cilamaya Kulon dan Kades Pasirjaya. (Rd)