Kabupaten Karawang menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan Internalisasi Pengasuhan Balita, melalui Optimalisasi Peran BKB dalam Percepatan Penurunan Stunting menuju New Zero Stunting. Dilaksanakan di Hotel Swiss Belinn Karawang, dari tanggal 19 - 20 Oktober 2022, Megiatan tersebut diikuti oleh delapan kabupaten/kota se-Jawa Barat. Diantaranya, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, dan Kota Depok. 
Foto : Percepat Penurunan Angka Stunting Lewat Optimalisasi peran BKB, Karawang Tuan Rumah Internalisasi Pengasusan Balita 8 Kabupaten/Kota


Kepala DPPKB Karawang, Hj. Sofiah SH memaparkan, Pemerintah Kabupaten Karawang sangat fokus dalam upaya menekan angka stunting. Ada pun upaya yang sudah dilakukan diantaranya membentuk TPPS dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa. Kemudian melaksanakan program Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS). Hingga menggelar Pelatihan dan Pembentukan Tenaga Pendamping Keluarga (TPK). 

Sofiah juga menjelaskan, peran BKB HI yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua terkait pengasuhan anak yang holistik atau pengasuhan yang menyeluruh dalam memenuhi hak dasar anak. Zampai saat ini sebutnya, Kabupaten Karawang sudah memiliki 438 unit BKB. Terdiri atas 60 BKB HI dan 378 BKB non HI. Selain itu, Karawang juga memiliki 298 Posyandu dan 155 PAUD. 

"Sesuai instruksi Ibu Bupati dan Pak Wabup selaku Ketua TPPS, penanganan stunting di Karawang bukan hanya tugas DPPKB dan Dinkes saja. Tapi harus secara bersama-sama, secara Pentahelix," ujar Sofiah.

Foto : Percepat Penurunan Angka Stunting Lewat Optimalisasi peran BKB, Karawang Tuan Rumah Internalisasi Pengasusan Balita 8 Kabupaten/Kota

Acara ini dihadiri langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Jawa Barat, Dr. Drs. Wahidin, M.Kes beserta jajarannya. (Rd)