×

Iklan

Indeks Berita

'Gupay Pileuleuyan' Pak Eko Kabid Pemdes DPMD Karawang Pamit Purnabakti

2 Okt 2022 | Minggu, Oktober 02, 2022 WIB Last Updated 2022-10-02T06:55:43Z
Terhitung Sabtu 1 Oktober 2022, Kabid Pemdes DMPD Kabupaten Karawang Eko Mubarok lepas diri dari aktivitas kedinasan karena memasuki masa purnabhakti. Menjabat Kabid selama hampir 5 tahun sejak 2 Februari 2018, nama Eko Mubarok tak pernah asing bagi kalangan Kepala Desa, BPD, Perangkat Desa dan Muspika Kecamatan selama ini. Terang saja, di masa jabatannya itu, Eko dihadapkan dengan segudang regulasi pemerintahan desa yang baru oleh pemerintah pusat.
Foto : Pamit, Encep Eko Mubarok Kabid Pemdes DPMD Karawang Memasuki Purnabhakti 1 Oktober 2022


Namun demikian, Kabid Pemdes terlama di DPMD Karawang ini, nyatanya mampu berkontribusi besar atas terselenggara dan suksesnya tiga kali pemilihan kepala desa (Pilkades) di Karawang secara serentak baik di tahun 2018 sebanyak 67 desa, tahun 2019 sebanyak 45 desa dan tahun 2021 sebanyak 177 desa. 

Bahkan dibawah kendali bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) DPMD, Pemkab juga menggawangi kebijakan perdana Pemilihan Kades Antar Waktu (PAW) melalui sistem Musyawarah Desa (Musdes) yang tercatat sudah di helat di 15 desa secara aman dan demokratis.

Sosok Bapak yang ramah dan identik mengenakan peci hitam ini, juga tercatat sukses selenggarakan pemilihan Anggota BPD lewat aturan terbarunya dengan sistem perwakilan wilayah setiap dusun di 297 Desa pada 2018 lalu, sampai berhasil melahirkan 2.221 anggota BPD baru 2018-2024 yang di lantik serentak oleh Bupati Karawang dr Cellica Nurachadiana di Stadion Singaperbangsa.
Foto : Pamit, Encep Eko Mubarok Kabid Pemdes DPMD Karawang Memasuki Purnabhakti 1 Oktober 2022

Kepada pelitakarawang.com, Eko Mubarok mengatakan, dengan berakhirnya tugas sebagai PNS dengan masa Pensiun tanggal 1 Oktober 2022, dirinya sampaikan mohon pamit dan undur diri kepada semua pihak. Dengan ini pula, dirinya dan keluarga memohon maaf atas segala kesalahan, kekhilafan dalam tutur kata, dalam bersikap yang kurang berkenan di hati bapak, Ibu, rekan dan sahabat sekalian.

"Besar Harapan saya untuk memaafkan nya, terimakasih atas segala perhatian , bantuan, bimbingan dan kerjasamanya , Semoga sukses selalu dan semoga Allah SWT membalas kebaikan-kebaikanya. Juga harapan yang tulus, semoga jalinan silaturahmi tetap terjaga selamanya, " Kata Eko, Sabtu (1/10/2022).
Foto : Pamit, Encep Eko Mubarok Kabid Pemdes DPMD Karawang Memasuki Purnabhakti 1 Oktober 2022

Di akhir masa tugas, dirinya berikan pesan sekaligus menuangkan ungkapan yang semoga menjadi renungan bersama, 'Janganlah Takut Gagal , karena Takut Gagal adalah Gagal Sejati, Janganlah Gagal di tempat yang sama, karena Gagal di tempat yang sama, sama hal nya seperti Keledai'. Memang, sebut Eko, kita semua akan terus berangkat tua, karena usia selalu merangkak, karena umur kita selalu bertambah. Entah berjalan dengan ter seok- seok, atau dengan badan tegak untuk mencapai sebuah harapan.
Tapi yang pasti pergulatan harus selalu ada, siang dan malam selalu menyertai perjalanan hidup kita.
"Untuk tidak tersungkur, tengoklah diri kita sendiri untuk berintrospeksi  dan bentengi hati dengan iman, maka Tuhan akan tersenyum mengangguk, membuka pintuNya untuk kita semua, Gupay pileuleuyan, " Pesannya.

Humas Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Karawang, H Udin Abdul Gani mengaku, sudah tiga kali menjabat Kepala Desa dan silih berganti terjadi pergantian Kabid maupun Kepala Dinas di lingkungan DPMD. Namun, segudang regulasi dan perubahan baru menuntutnya di lapangan semakin modern dan membuka pola pikir yang menyesuaikan dengan perkembangan zamanya. Masa itu sebut Udin, adalah masa Pak Eko Kabid Pemdes yang menurutnya sangat detail, teliti, humoris, transparan, bersahabat dan bertanggungjawab dalam tugasnya. Seabrek informasi, sebut Udin, tak segan selalu up date tersampaikan di tengah perkembangan teknologi di desa saat ini, bahkan sosok Pak Eko yang ia kenal, adalah pribadi yang tidak pernah mengenal kata lelah, karena acapkali ia maupun rekan kades lainnya merasakan betul dia bertugas ke lapangan, bahkan sampai lembur malam.

"Masa purnabhakti memang tak bisa di hindarkan, jujur para Kades akan kehilangan beliau yang sangat pro dan transparansi kebijskan terhadap para Kades. Namun demikian, kami berharap penggantinya harus lebih baik dari pak Eko, minimal sama untuk terus melanjutkan segudang program-program di desa, " Ujarnya.

Terpisah, Subkoor Tata Kelola Pemerintahan Desa DPMD Karawang, Andry Irawan mengatakan, dirinya sebagai bawahan beliau (Pek Eko_red) merasa beliau bukan hanya sebagai pimpinan saja, tapi juga sebagai orang tua. Bahkan tangan dinginnya, menyentuh sampai ke anak-anak dan keluarganya.

"Kami sebagai para bahawannya sepakat, bahwa beliau pejabat yamg menjabat sebagai kabid pemdes terlama namun terasa seperti yang tersingkat, " Pungkasnya. (Rd)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS