Kementerian Agama menyelenggarakan “Shalawat Kebangsaan” di malam puncak peringatan Hari Santri 2022. Shalawat Kebangsaan dihelat Sabtu (22/10/22) malam mulai pukul 19.30 WIB. 

Shalawat Kebangsaan di malam puncak peringatan Hari Santri 2022

Acara yang dibuka untuk umum ini dipusatkan di JIEXPO Convention Centre and Theatre Kemayoran, Jakarta. Selain dihadiri Menteri Agama dan beberapa pejabat tinggi Negara, acara ini juga akan diiringi lantunan shalawat oleh Gus Azmi, Grup Hadrah Syubbanul Muslimin dan Lebah Begantong.
Hadir juga dua dai kondang, yaitu KH. Anwar Zahid asal Bojonegoro dan Ustadzah Mumpuni Handayayekti asal Cilacap.


Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani, mengatakan bahwa acara Shalawat Kebangsaan menjadi ikhtiar untuk mendoakan arwah para pahlawan nasional yang telah gugur sekaligus  mengetuk pintu langit untuk kebaikan Negeri.


“Dengan iringan nada-nada shalawat, kami berharap acara ini membuahkan keberkahan yang melimpah terutama demi kelangsungan bangsa Indonesia agar senantiasa rukun, bersatu, dan bekerja sama untuk membangun negeri,” harapnya.


Sementara itu, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Waryono Abdul Ghafur mengajak masyarakat di Jakarta dan sekitarnya untuk bershalawat bersama serta mendengarkan siraman ruhani yang akan disampaikan oleh Kiai Anwar Zahid dan Ustadzah Mumpuni.

“Selain dorongan kebijakan, bangsa kita juga membutuhkan dorongan doa dan bimbingan dari ulama agar Indonesia dijauhkan dari berbagai ancaman terutama menghadapi situasi dunia global yang tidak menentu,” tutur Waryono.


Selain hadir di lokasi acara, lanjut Waryono, masyarakat juga dapat mengikuti Shalawat Kebangsaan ini melalui siaran langsung di akun resmi Channel Youtube milik Kemenag RI dan Ditjen Pendis.

“Di era digital, sudah tidak ada batas ruang dan waktu. Masyarakat di mana pun berada, di dalam negeri maupun luar, khususnya kalangan santri dan pesantren, silakan buka channel Youtube milik Kemenag untuk memeriahkan malam puncak peringatan Hari Santri 2022,” pungkasnya.(nag)