Sejumlah siswa tingkat satuan SD kelas V, tuntaskan Assessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Senin dan Selasa (25/10/2022) untuk gelombang pertama. Di dampingi sejumlah proktor, para siswa yang sudah di simulasi kan ini, satu persatu mengisi soal CAT numerasi dan literasi selama dua hari terakhir. 
Foto : Proses Pelaksanaan ANBK di SD Karawang Barat


" Alhamdulillah, dari 28 sekolah di Wilayah Korwilcambidik Jayakerta pelaksanaan ANBK Tahun 2022 untuk jenjang SD, 23 dilaksanakan secara mandiri, dan 5 sekolah dilaksanakan menumpang. Adapun untuk moda pelaksanaannya seluruh secara on-line, " Kata Koorwilcambidik Kecamatan Jayakerta, Drs H Sudirja M.pd.

Sementara itu, pengawas koorwilcambidik Karawang Barat, Dra Titik Gusty mengatakan, satu sekolah dua hari melaksanakan ANBK, kemarin para siswa mengisi soal numerasi, dan hari ini Selasa literasi, istilah lainnya yaitu pengetahuan dan matematika. 

"Alhamdulillah lancar, satu sekolah dua hari melaksanakan secara online, " Ujarnya.

Kepala SDN Pasirtalaga 1, Kecamatan Telagasari Jaenal S.pd mengatakan, untuk Telagasari pelaksanaan ANBK di gelar pada gelombang 2, yaitu Rabu dan Kamis besok. Adapun alatnya, pihak sekolah memilih opsi pinjam pakai dari SMP untuk memperlancar pelaksanaan ANBK ini, selain lebih efisien juga di bawah kendali ahli IT dan proktor berpengalaman.

"Kita kebagian gelombang 2, pelaksanaan besok dan Kamis. Kalau sekolah kita ANBK mandiri, dengan alat pinjam pakai, " Ungkapnya.

Diketahui, pelaksanaan ANBK hari kedua ini, siswa kelas V mengerjakan 3 subtes. Pertama latihan 15 menit, subtes numerasi 75 menit dan subtes lingkungan belajar selama 40 menit. (Rd)