Tengok pemeliharaan dan pengelolaan, sebanyak 39 desa yang tersebar di 30 Kecamatan di garap Monitoring dan Evaluasi (Monev) arsip oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Karawang, Selasa (18/10/2022).

Kabid Arsip Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Karawang, R Oetami mengatakan, sebenarnya ada 69 desa dan kelurahan yang sebelumnya di berikan Bimbingan Teknis (Bimtek) pengelolaan arsip yang tersebar di 30 Kecamatan. Namun, pihak Dinas lakukan monev hanya kepada 39 desa saja dan di bagi kepada beberapa tim. Kebetulan, sebutnya, ia mendapati dua desa di Kecamatan Ciampel dalam monev hari ini, salah satunya di Desa Tegalega.

Foto : Dinas Perpustakaan dan Arsip Monev Tata Kelola Arsip di 39 Desa di Karawang

"Meskipun sempat terkendala pemerintah desanya yang baru datang agak siang, namun dari hasil pemeriksaan Alhamdulillah hasilnya bagus dan tertata baik, " katanya.

Oetami menambahkan, item yang di monev antara lain pengelolaan arsip Dinamis, penggunaan tata naskah Dinas Pemerintah Desa dan Tata Naskah Dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karawang serta bagaimana penyimpanan juga pemeliharaannya.

"Alhamdulillah pengelolaannya sudah cukup baik, " Pungkasnya. (Rd)