×

Iklan

Indeks Berita

Brasil atau Argentina Jadi Jawara Piala Dunia 2022?

21 Nov 2022 | Senin, November 21, 2022 WIB Last Updated 2022-11-20T19:35:54Z

Sebuah model statistik memprediksikan bahwa Timnas Brasil dan Argentina sebagai dua kandidat terkuat yang akan keluar menjadi jawara Piala Dunia 2022, mengungguli negara-negara Eropa.

Gracenote, salah satu perusahaan Nielsen, membuat model prediksi yang menggunakan sistem peringkat eksklusif untuk memperkirakan peluang hasil setiap laga di Piala Dunia 2022.

Untuk meraih hasil prediksi ini, Gracenote melakukan simulasi menyeluruh untuk menilai peluang sebuah tim untuk lolos ke babak selanjutnya pada turnamen tersebut.

Dari simulasi tersebut, Brasil keluar sebagai negara dengan peluang terbesar untuk mengangkat trofi Piala Dunia pada 18 Desember mendatang, yaitu sebesar 20%.

Peluang Brasil jadi yang paling besar lantaran tim juara lima kali Piala Dunia tersebut berada di puncak ranking sepak bola dunia versi Gracenote, setelah hanya kalah tiga kali dalam 50 pertandingan.

Di tempat kedua ada wakil dari Amerika Selatan lainnya yaitu Argentina, dengan peluang meraih gelar juara dunia pertamanya sejak 1986 sebesar 16%.

Lionel Messi dkk. sedang dalam performa sangat bagus, tidak terkalahkan dalam 36 pertandingan.

Pasukan asuhan Lionel Scaloni tersebut hanya butuh menjalani dua pertandingan tanpa kalah lagi untuk memecahkan rekor 37 pertandingan tak kalah milik Italia.

Sementara itu dari Eropa, Spanyol dan Belanda jadi dua kandidat terkuat untuk bisa menjadi juara, dengan peluang masing-masing 7%, tak jauh berbeda dengan Belgia di bawahnya dengan peluang 6%.

Sang juara bertahan Piala Dunia, Perancis justru diprediksi Gracenote hanya menjadi favorit keenam untuk mempertahankan gelarnya, dengan peluang sebesar 5%.

Gracenote juga melakukan simulasi untuk mencari peluang terbesar untuk partai pamungkas Piala Dunia 2022, tak mengagetkan Brasil melawan Argentina memiliki peluang paling besar untuk terjadi sebesar 3,2%.

Yang menarik, tim Eropa yang paling mungkin mencapai final bukanlah Spanyol atau Belanda, namun Belgia melawan Brasil dengan peluang sebesar 2,4% dan melawan Argentina sebesar 2,3%.

Spanyol sendiri memiliki peluang melawan Brasil di partai final Piala Dunia 2022 sebesar 2,0%, Belanda dengan lawan yang sama hanya memiliki peluang 1,8% terjadi.

Prediksi Gracenote ini menggunakan penilaian hasil pertandingan setiap tim di Piala Dunia 2018, yang kemudian dimasukkan ke simulasi Piala Dunia yang dijalankan sebanyak satu juta kali.

Foto ilustrasi : Bigmatch Argentina vs Brazil

Selama Piala Dunia 2022 ini berlangsung, simulasi Gracenote akan terus dijalankan dan data hasil pertandingan setiap harinya akan dimasukkan untuk menghasilkan prediksi baru.(*)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS