×

Iklan

Indeks Berita

Disarsipperpus Karawang Gelar Kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga Perpustakaan dan Pustakawan

3 Nov 2022 | Kamis, November 03, 2022 WIB Last Updated 2022-11-02T19:23:49Z
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Dinas Arsip dan Perpustakaan (Disarsipperpus) Kabupaten Karawang menggelar Kegiatan Peningkatan Kapasitas Tenaga Perpustakaan dan Pustakawan di Aula BKPSDM Kabupaten Karawang, Rabu (2/11/2022).


Kepala Disarsipperpus Kabupaten Karawang, H. Yasin Nasrudin menuturkan, kegiatan ini sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan keterampilan bagi tenaga perpustakaan dengan tujuan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional, handal, dan kompeten, serta mengoptimalkan peran perpustakaan dalam hal pelayanan dan pemberian informasi kepada masyarakat melalui pengelolaan sosial media.

"Profesi pustakawan kadang kala dipandang sebelah mata, dan bahkan sebuah profesi yang seorang pustakawan dalam mengelola informasi dan kemajuan perpustakaan masih belum terlihat. Sebagai bentuk peningkatan kualitas SDM pada tenaga pengelola perpustakaan yang ada pada hari ini, Alhamdulillah Disarsipperpus Karawang menggelar kegiatan ini dengan anggaran kita yang dilibatkan pada APBD 2022, ini merupakan mewujudkan salah satu misi Pemkab Karawang yaitu terwujudnya SDM yang berkualitas dan punya daya saing demi mencapainya misi tahun 2021/2022 yaitu mewujudkan Karawang mandiri bermartabat dan sejahtera," ujarnya.

Menurutnya, pemerintah berkewajiban membina perpustakawan dan tenaga teknis seluruh perpustakaan dan diharapkan setelah kegiatan ini tenaga teknis perpustakaan dapat meningkatkan pengetahuan seputar perpustakaan.

"Seorang pustakawan harus mampu memberikan pelayanan terbaik kepada pemustaka agar mampu menciptakan inovasi baru dan mengembangkan potensi yang dimilikinya untuk kemajuan sebuah perpustakaan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perpustakaan pada Disarsipperpus Kabupaten Karawang, Hj. Rina Herawati menyebut, kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dan diikuti oleh 60 peserta yang dibagi menjadi 30 peserta di hari pertama dan 30 peserta di hari kedua.

"Para peserta terdiri dari internal perpustakaan umum daerah Kabupaten Karawang, para pengelola perpustakaan sekolah, pengelola perpustakaan desa dan perguruan tinggi," katanya.

Ia menambahkan, pada kegiatan tersebut turut dihadirkan narasumber dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karawang dengan memberikan materi pemanfaatan media sosial di perpustakaan dan perwakilan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) dengan materi Pelayanan Prima Perpustakaan. (Jn)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS