Tingkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Desa, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Budi Pertiwi Karawang teken Memorandum Of Understanding (MoU) bersama Tenaga Pendamping Profesional Indonesia (TPPI) Karawang, Kamis (17/11/2022).
Dalam klausul kesepakatan pendandatanganan yang di saksikan langsung Ketua STIE Budi Pertiwi Fajarudin Papakhan MM dan Koordinator TPPI Karawang Lili Mahali tersebut,  kampus yang beralamat di Jalan Lingkar Tanjung Pura Desa Kondangjaya Kecamatan Karawang Timur tersebut, menawarkan subsidi kuliah 75% bagi Pendamping Lokal Desa (PLD), Kepala Desa dan Perangkatnya yang belum menempuh pendidikan strata 1. 
Foto : Tingkatkan Kualitas Sumberdaya Manusia di Pedesaan, Management STIE Budi Pertiwi Karawang MoU Bareng TPPI Karawang

Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan yang juga Koordinator Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) STIE Budi Pertiwi Karawang, Ahmad Hadi Brata SE MM mengungkapkan, MoU ini digelar pihak kampus bersama TPPI Karawang, adalah dalam rangka program internal STIE Budi Pertiwi pada upaya peningkatan kualitas SDM desa di Kabupaten Karawang. Dimana kampus biru yang sudah melahirkan banyak lulusan Sarjana Ekonomi Pembangunan ini, siap menyanggupi memberikan subsidi potongan biaya kuliah sebanyak 75% dari total biaya kuliah per semester, mulai dari semester 1 sampai dengan semester 8 kepada TPPI Kabupaten Karawang. 

"Ini kami teken (MoU) sebagai upaya menjalankan program kampus dalam rangka meningkatkan kualitas SDM desa, dimana Pendamping Lokal Desa (PLD), Kades maupun aparatnya yang statusnya masih lulusan SMA/SMK, kami buka perkuliahan dengan memberikan subsidi potongan biaya sebanyak 75 persen, mulai semester 1 sampai semester 8, " Katanya.

Ia menambahkan, masih dalam klausul MoU, bahwa kampus Budi Pertiwi juga memberikan kewenangan atau rekomendasi kepada perwakilan kecamatan-kecamatan (PD) dan (PLD) desa untuk bisa merekomendasikan perangkat desa agar bisa mengembangkan SDM nya melalui Kampus STIE Budi pertiwi.
Porgam ini sebutnya, adalah program internal STIE Budi Pertiwi dalam upaya mendukung pembangunan SDM pedesaan dalam upaya ikut berkontribusi di dalam pengembanga SDM Masyarakat desa di wilayah Kabupaten karawang.

"Semoga saja, program ini bisa bermanfaat buat pengembangan SDM Desa di Karawang karena secara kejuruan di STIE Budi Pertiwi demgan program studi ekonomi pembangunan memiliki kesamaan untuk menjawab tantangan dan kebutuhan pedesaan, " Pungkasnya.

Hadir menyaksikan dalam penandatanganan MoU tersebut, Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Masyarakat (TA PEM) Kabupaten Karawang, Taupan S.Sos MM dan Ketua Yayasan Budi Pertiwi Sri Kartikawati. (Rd)