Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Karawang melaksanakan kegiatan Gelar Pangan Murah di halaman Kantor Samsat Karawang (Bapenda Provinsi Jawa Barat) pada Selasa (8/11/2022).

Pengendalian Inflasi dan Stabilisasi Pasokan Pangan, Karawang Gelar Pangan Murah

Gelaran tersebut dilaksanakan sebagai langkah kongkrit upaya Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat dan Tim Pengendali Inflasi Daerah Kabupaten Karawang dalam pengendalian inflasi dan juga stabillisasi pasokan serta harga pangan.

Kepala P3DW Kabupaten Karawang pada Bapenda Provinsi Jawa Barat, Yosep Mochamad Zuanda menuturkan, hal ini sebagai langkah untuk mengantisipasi lonjakan dan kelangkaan bahan pokok. Ia juga meminta dinas dan instansi terkait untuk rutin mengecek harga dan ketersediaan bahan pokok secara berkala.

"Tentunya saya harapkan gelar ini disambut baik oleh seluruh warga masyarakat yang hadir dan dapat berpartisipasi memanfaatkan program dari pemerintah khususnya Pemerintah Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Karawang," ujarnya.

"Ini tidak lain juga sebagai wujud pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memastikan pasokan pangan tetap terjamin di Kabupaten Karawang," imbuhnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris DPKP Kabupaten Karawang, Edi Suryana menyebut, kegiatan ini akan dilaksanakan kembali di Lapang Karangpawitan pada Jumat  18 dan 26 November 2022 pukul 07.00 WIB.

"Pada hari ini, gelar pangan murah dalam rangka pasokan pangan ini diselenggarakan serentak di seluruh kabupaten kota di Jawa Barat dan mudah-mudahan ini menjadikan rekor karena dalam waktu yang sama," ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan ini juga sebagai peringatan hari pangan sedunia. Gelar Pangan Murah ini menawarkan bahan pokok dengan harga relatif murah atau di bawah rata-rata. (Jn)