×

Iklan

Indeks Berita

Pildun 2022: Timnas Belanda Lolos 16 Besar Setelah Tekuk Tuan Rumah Qatar 2-0

30 Nov 2022 | Rabu, November 30, 2022 WIB Last Updated 2022-11-29T17:45:13Z

Timnas Belanda memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia (Pildun,red) 2022  dengan status juara Grup A usai menaklukkan Qatar 2-0, Selasa (29/11).


Cody Gakpo bawa Belanda unggul 1-0 atas Qatar di babak pertama. (REUTERS/ALBERT GEA)

Bertanding di Stadion Al Bayt, Belanda langsung menekan sejak menit awal. Terlebih pelatih Louis van Gaal sudah bisa menurunkan bintangnya Memphis Depay sebagai starter.


Foto : Timnas Belanda

Pada menit keempat, Davy Klaassen sudah membuat ancaman serius untuk Qatar. Memanfaatkan kemelut di kotak penalti, Klaassen berhasil menyambar bola namun masih bisa diselamatkan Meshaal Barsham, kiper Qatar.


Foto : Pertandingan Belanda vs Qatar

Di menit ke-14, Belanda kembali mendapatkan peluang berbahaya. Mendapat bola liar di kotak penalti, Depay mencoba melepaskan tembakan voli keras. Sayang, bola masih melambung tinggi.



Qatar yang sudah dipastikan tersingkir mencoba sekuat tenaga untuk menahan gempuran Belanda. Tim tuan rumah itu sesekali mendapat kesempatan melancarkan serangan balik namun kerap terhenti sebelum menembus kotak penalti lawan.


Foto : Obyek Wisata di Kecamatan Tempuran Karawang

Akan tetapi, pertahanan Qatar akhirnya jebol di menit ke-26. Adalah Cody Gakpo yang berhasil memecah kebuntuan lewat sepakan terukur dari luar kotak penalti.


Tembakan rendah gelandang 23 tahun itu mengarah ke pojok kiri gawang hingga tak mampu diantisipasi Meshaal Barsham. Ini menjadi gol ketiga Gakpo di fase grup Piala Dunia 2022.


Gakpo nyaris menggandakan keunggulan Holand di menit ke-40. Namun, tembakannya di dalam kotak penalti masih melambung tinggi. Selain itu, wasit juga menyatakan pemain PSV Eindhoven tersebut berada di posisi offside.


Belanda terus menekan pertahanan tim tuan rumah, tetapi tak ada gol tambahan yang tercipta hingga jeda laga. Skor 1-0 untuk keunggulan Belanda di babak pertama.


Empat menit setelah babak kick off babak kedua, Belanda berhasil memperlebar keunggulan menjadi 2-0 melalui Frenkie de Jong.


Gelandang Barcelona itu sukses memanfaatkan bola rebound hasil tembakan Depay yang sempat diblok Barsham.


Belanda nyaris unggul 3-0 pada menit ke-68 melalui tembakan jarak dekat Steven Berghuis memanfaatkan umpan manis Vincent Janssen. Namun, gol tersebut dianulir karena Gakpo dinyatakan handball sebelum memberikan umpan kepada Janssen.


Berghuis nyaris melepas dahaga mencetak gol pada menit ke-90+2. Amat disayangkan tembakan melengkung yang dilepaskannya masih membentur tiang gawang Qatar. 


Belanda pun harus puas dengan keunggulan 2-0 hingga laga usai. Hasil ini memastikan Belanda lolos ke babak 16 besar Piala Dunia dengan status juara Grup A dengan nilai tujuh (CNN/jn).


×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS