×

Iklan

Indeks Berita

Pildun 2022: Timnas Brasil Lolos 16 Besar Setelah Tekuk Swiss

29 Nov 2022 | Selasa, November 29, 2022 WIB Last Updated 2022-11-28T18:10:36Z

Timnas Brasil menang tak mudah atas Swiss dalam laga matchday kedua Piala Dunia (Pildun,red) 2022 di Stadion 974, Doha, Senin (28/11) malam waktu Indonesia.

Foto Pertandingan Brasil lawan Swiss


Swiss tak memberikan ruang bagi Brasil, yang bermain tanpa Neymar, untuk terus mendominasi penguasaan bola. Brasil bisa memainkan bola di daerah pertahanan Swiss, begitu pula sebaliknya.


Foto Pertandingan Brasil lawan Swiss

Kedua kesebelasan sama-sama kesulitan melepaskan final pass. Brasil menemukan peluang bagus pada menit ke-28. Umpan silang dari Raphinha coba dituntaskan Vinicius dengan sepakan voli, namun Yann Sommer masih bisa menepis ancaman tersebut.



Foto Pertandingan Brasil lawan Swiss


Sepakan jarak jauh ambisius dari Raphinha pada menit ke-31 juga masih bisa digagalkan Sommer yang berdiri di posisi yang tepat untuk menangkap bola.




Foto : Obyek Wisata di Kecamatan Tempuran Karawang



Brasil tampak monoton dalam membangun serangan, sementara Swiss tidak cukup cepat untuk merangsek ke pertahanan lawan. Skor imbang tanpa gol bertahan sampai wasit meniup peluit tanda turun minum.


Tim Samba masih kesulitan menemukan celah di pertahanan Swiss pada babak kedua. Sementara skuad La Nati justru bisa menggebrak setelah babak kedua memasuki menit ke-50. Kendati demikian tidak ada gol tercipta dari kemelut di kotak penalti Brasil.



Breel Embolo sempat hampir merebut bola dari penguasaan Alisson pada menit ke-55. Brasil pun tampak mulai panas dan umpan Vinicius membahayakan pertahanan Swiss, namun kaki Richarlison tak bisa menyongsong bola di depan gawang.


Pada menit ke-65 Vinicius mencetak gol ke gawang Swiss melalui sebuah serangan cepat, namun wasit lapangan dan VAR mengecek rekaman ulang dan kemudian memutuskan gol tidak sah karena ada pemain offside dalam proses serangan.


Brasil seperti penasaran dengan pertahanan Swiss dan terus mencoba membongkarnya. Pergantian pemain pun dilakukan Tite. Gabriel Jesus dan Antony dimainkan, sementara Richarlison dan Raphinha ditarik keluar.


Lewat sebuah kerja sama apik Brasil mencetak gol pada menit ke-83. Vinicius Jr. memberi umpan kepada Rodrygo yang lantas menyodorkan bola kepada Casemiro. Berdiri tanpa pengawalan berarti, Casemiro langsung melepas tembakan kencang yang membuat bola bersarang di gawang Swiss.


Setelah gol Casemiro, Brasil terus mencoba mencetak yang kedua. Sederet peluang yang dimiliki Brasil tak bisa menambah jumlah gol, termasuk Rodrygo yang tendangannya diblok Manuel Akanji. Hasil akhir Brasil menang 1-0 atas Swiss.


Foto : Casemiro (5)


Dengan hasil itu, Brasil memastikan satu tiket ke 16 besar Piala Dunia 2022. Sementara Swiss harus berjuang ekstra di laga pamungkas Grup G Piala Dunia 2022 kontra Serbia pada 3 Desember 2022 mendatang.(rd)

Susunan pemain inti Brasil vs Swiss:


Timnas Brasil: Alisson Becker; Eder Militao, Marquinhos, Thiago Silva, Alex Sandro; Casemiro, Lucas Paqueta, Fred; Raphinha, Richarlison, Vinicius Jr.


Timnas Swiss: Yann Sommer; Silvan Widmer, Manuel Akanji, Nico Elvedi, Ricardo Rodriguez; Remo Freuler, Granit Xhaka, Fabian Rieder, Djibril Sow, Ruben Vargas; Breel Embolo.


×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS