Pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung saat ini sudah mencapai 80%. Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo menjelaskan secara fisik jalur kereta cepat dari Jakarta ke Bandung 142 kilometer sudah tersambung.

Foto : Pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung

"Panjang proyek 142 kilometer secara fisik sudah terhubung utuh dari ujung ke ujung, dari Halim ke Tegalluar. Baik yang elevated, subgrade, maupun yang di tunnel," papar pria yang karib disapa Tiko itu dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR, Selasa (2/11/2022).

Pekerjaan berikutnya adalah track laying atau pemasangan rel di jalur yang sudah dibuat. Tiko mengatakan rencana proses ini akan kelar semua di bulan Januari 2023, lalu dilakukan pengetesan secara sempurna dari ujung ke ujung.

Namun, di tanggal 16 November 2022 mendatang, sejalan dengan gelaran KTT G20 Indonesia tes dinamis akan dilakukan di beberapa bagian jalur kereta cepat yang sudah dipasangi rel.

"Tantangannya track laying, tantangannya adalah pasang rel. Sudah ada di KM 14 dari ujung dan akan masuk ke tunnel ujung dan dimasifkan sampai dengan Januari nanti. Diharapkan Januari sudah tuntas dan bisa di-testing," sebut Tiko.

Nah usai pengetesan dilakukan, pihaknya menargetkan Juni 2023 kereta cepat bisa beroperasi secara penuh. "Bulan Juni 2023 diharapkan sudah bisa operasional komersial, telatnya sebulan dua bulan itu sudah sangat achieveable," kata Tiko.

Selain melakukan pemasangan rel dan pengetesan, pihaknya juga paralel melakukan persiapan beberapa stasiun singgah. Setidaknya, dari Halim hingga Tegalluar akan ada 4 pemberhentian. Mulai dari Stasiun Halim, Stasiun Karawang, Stasiun Padalarang, dan Stasiun Tegalluar.

Hampir semua stasiun sudah mau rampung, hanya saja khusus untuk Stasiun Padalarang masih banyak sekali pengerjaan yang harus dilakukan. Pihak KAI pun harus menyiapkan sarana feeder untuk menghubungkan kereta cepat menuju tengah kota Bandung.

"Tantangan besar juga adalah penyelesaian stasiun, utamanya Stasiun Padalarang, karena ini tambahan. Tapi dengan adanya stasiun ini akses ke kota Bandung akan mudah. Kita akan bikin feeder system," ungkap Tiko.

Tiko bilang dengan Kereta Cepat, dari Jakarta menuju tengah Kota Bandung butuh waktu 50 menit. Caranya dengan naik kereta feeder dari Padalarang.

"Total travel time-nya dari Halim ke Padalarang 35 menit dan tambahan ke kota 15 menit. Totalnya 50 menitan dari Halim ke Stasiun Kota Bandung," sebut Tiko.


Sumber: detikNews