FIFA resmi menerima perpindahan federasi pemain naturalisasi Sandy Walsh. Itu berarti sang pemain siap tempur bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2022.

Foto : Sandy Walsh

Kepastian ini setelah FIFA mengirimkan surat kepada PSSI pada Selasa (29/11/2022). Surat tersebut bernomor Ref FPSD-8308 dan ditandatangani oleh Erika Montemor selaku FIFA Head of Player's Status.

Dengan ini Sandy Walsh sudah sah bisa memperkuat Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022. Sebab, pemain KV Mechelen sudah menjadi bagian dari PSSI setelah sebelumnya KNVB (federasi Belanda).

Ketum PSSI Mochamad Iriawan menyambut baik dan berterima kasih kepada FIFA yang sudah menerima perpindahan federasi Sandy Walsh. Ia berharap hadirnya bisa menambah kekuatan skuad Garuda.

"Alhamdulillah dengan ini Sandy Walsh sudah bisa melakoni pertandingan bersama Timnas Indonesia," kata Iriawan dilansir dari laman PSSI, Rabu (30/11/2022).

"Kami berharap dia dapat menambah kekuatan Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2022 dan Piala Asia mendatang," jelasnya.

Sandy Walsh besar kemungkinan tampil di Piala AFF 2022. Sebab, sang pemain saat ini sudah berada di Bali bersama dengan rekan-rekan Timnas Indonesia lainnya.

Sebanyak 28 pemain ikut serta dalam persiapan menuju Piala AFF ini. Beberapa pemain di luar negeri seperti Sandy Walsh, Jordi Amat, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Saddil Ramdani, Asnawi Mangkualam, dan Pratama Arhan turut serta dipanggil.

Timnas Indonesia berada di Grup A Piala AFF bersama Thailand, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Filipina. Kejuaraan itu dimulai pada 20 Desember mendatang sampai 16 Januari 2023.(**)