Lurah Nagasari Kecamatan Karawang Barat, Ade Sukardi mengapresiasi ketertiban masyarakat dalam membuang sampah pada tempatnya. Tak hanya itu, peran serta para petugas kebersihan, berkontribusi atas kebersihan lingkungan perkotaan di wilayah kelurahan Nagasari.
Namun demikian, sampah yang terlalu lama menumpuk pada Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di wanti-wanti agar selalu tertib di angkut armada sampah Dinas LHK Karawang tepat waktu dan tidak menunggu lama setiap harinya.
Foto : Ade Sukardi, Lurah Nagasari Kecamatan Karawang Barat

"Saya lihat pengelolaan sampah seperti pasar Karawang sudah tertib dan di kelola dengan baik, kemudian juga yang sampah di GOR Panatayudha yang bersumber dari sampah para pedagang, masyarakat sekitar dan lingkungan juga memang setiap hari diangkut, tapi kita mendorong agar tidak membiarkan lama menumpuk. Kata lain, kita berharap armada sampah bisa selalu tepat waktu datang dan mengangkut sampah setiap harinya ke TPA Jalupang, " Kata Ade, Kamis (10/11/2022). 

Ia maklumi, memang ada beberapa waktu keterlambatan armada di sebabkan kerusakan kendaraan atau mengangkut dari daerah lain. Namun demikian, yang terpenting jangan sampai membiarjan sampah menumpuk lama, apalagi GOR Panatayudha, kemudian Pasar Karawang dan di Jalan Tuparev, itu adalah jantung kota yang tak elok jika diatas pukul 09.00 Wib, sampahnya belum di angkut. 

"Ini kan pusat kota, jadi kalau sampahnya lama menumpuk gak emang di pandang, " Katanya.

Pengelolaan sampah, menjadi kewenangan pengelola GOR maupun pasar, pihak kelurahan hanya sekedar memberikan saran dan arahan saja, agar urusan sampah harus selalu jadi prioritas, jangan nampak wilayah perkotaan di Karawang terlihat kumuh. " Harapnya..(rd)