×

Iklan

Indeks Berita

Ujung Barat hingga Timur Pulau Jawa Tersambung Tol di 2023!

27 Nov 2022 | Minggu, November 27, 2022 WIB Last Updated 2022-11-27T04:56:43Z

Proyek infrastruktur menjadi program prioritas di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Infrastruktur dinilai mampu mengoptimalkan potensi yang ada di daerah.

Foto ilustrasi : Jalan Tol

Proyek seperti bandara, pelabuhan, jalan nasional dan jalan tol terus dikebut. Menurut Jokowi, hal ini dilakukan agar Indonesia bisa bersaing dengan negara lain.

Pasalnya jika jalan di Indonesia becek, mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut sulit untuk Indonesia bisa bersaing. Oleh karena itu jalan terus dibangun di hampir semua daerah, termasuk di Pulau Jawa.

Bahkan menurutnya, tahun 2023 Indonesia menargetkan dari Jawa bagian Timur hingga Jawa bagian Barat akan tersambung jalan tol.

"Dan kita tahu jalan tol di Pulau Jawa nyambung-menyambung dari barat ke timur, kurang dikit lagi di Banyuwangi. Nanti tahun 2023 Insyaallah akan dikejar untuk segera diselesaikan," jelasnya.

Selain jalan tol, target lainnya adalah pembangunan bendungan. Targetnya ada 38 bendungan besar yang akan dibangun hingga akhir tahun 2022.

"Ini untuk siapa? Untuk petani di desa-desa kita. Ada 74 ribu desa yang kita miliki. Pembangunan juga tidak Jawa sentris, tetapi pembangunan dilakukan di luar Jawa. Sekarang lebih banyak di luar Jawa," ujarnya.

Ia menegaskan lagi, pembangunan infrastruktur akan menumbuhkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru. Hal ini dinilai penting demi menjaga stabilitas di tengah ketidakpastian global.

Dengan infrastruktur yang mumpuni, daerah-daerah yang potensial bisa memberi dampak ekonomi besar. Jokowi mencontohkan daerah Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang lebih dikenal berkat infrastruktur mumpuni. Hadirnya sirkuit Mandalika yang menjadi tempat digelarnya MotoGP juga menghadirkan titik ekonomi baru.

"Saya contohkan di Mandalika. Dulunya Mandalika itu memang pantainya cantik. Tapi tidak ada infrastruktur, tidak disiapkan dengan baik. Tapi setelah adanya sirkuit MotoGP, sekarang Mandalika jadi titik ekonomi baru," katanya.

Jokowi menekankan pentingnya pemerataan pembangunan agar tidak terpusat hanya di pulau Jawa. Menurutnya, Indonesia punya daerah cantik lainnya yang bisa dimanfaatkan menjadi titik perekonomian baru.

"Coba bapak ibu kalau mau liat cantiknya pantai-pantai dan laut, kita datang ke Labuan Bajo, yang telah kita selesaikan, kita kerjakan. Itu juga titik pertumbuhan ekonomi baru di luar Jawa," ujarnya.


(zlf/zlf/detik)

×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS