Daftar negara tersingkir di Piala AFF 2022 bertambah pada hari pertandingan keempat Grup B, Jumat (30/12) petang. Berikut daftar empat tim tersingkir di Piala AFF 2022.

Pemain Timnas vs Thailand

Sebelumnya Laos merupakan kesebelasan pertama yang gagal melangkah dari Grup B. Setelah itu ada Brunei Darussalam dan Filipina yang dipastikan tidak akan meraih tiket ke semifinal.

Myanmar kemudian menyusul sebagai negara keempat yang tersisih dari Piala AFF 2022. Myanmar dipastikan gagal bersaing dengan tiga negara lain di Grup B, Vietnam, Malaysia, dan Singapura, setelah bermain imbang dengan Laos dalam laga yang berlangsung Jumat (30/12) sore.

Myanmar yang menjadi tuan rumah kebobolan lebih dulu. Laos memimpin berkat gol Sukaphon Vongchiengkham pada menit ke-12.

Keunggulan Laos hanya bertahan tiga menit. Kyaw Min Oo membuat kedudukan menjadi imbang setelah mencetak gol pada menit ke-15.

Myanmar tampil menguasai pertandingan, namun kesulitan membuat peluang.

Ekkamai Ratxachak kemudian mencetak gol pada menit ke-46 dan membuat Laos memimpin 2-1.

Myanmar berulang kali mencoba mencetak gol kedua, namun upaya The White Angels tak kunjung bisa mengubah angka di papan skor. Baru pada menit akhir injury time Maung Maung Lwin membuat skor imbang 2-2.

Dengan hasil tersebut, Myanmar menempati peringkat keempat di Grup B dengan 1 poin. Myanmar hanya unggul selisih gol atas Laos yang menjadi juru kunci.

Myanmar masih punya satu pertandingan pada 3 Januari mendatang melawan Vietnam, namun sudah dipastikan Myanmar tidak akan bisa menembus posisi dua besar di Grup B. (*)

Daftar 4 Tim Negara Tersingkir di Piala AFF 2022
1. Laos
2. Brunei Darussalam
3. Filipina
4. Myanmar