Bali United sukses menggulung Bhayangkara FC pada laga pekan ke-13 BRI Liga 1 2022/2023. Tim Serdadu Tridatu menang 3-0 atas Bhayangkara di Stadion Manahan, Solo, Kamis (8/12/2022) malam WIB.


Bali United tak membutuhkan waktu lama untuk bisa memecah kebuntuan. Pada menit ke-12, mereka memaksa Muhammad Hargianto melakukan gol bunuh diri.


Memasuki pertengahan babak pertama, tepatnya pada menit ke-26, Tim Serdadu Tridatu kembali menggetarkan jala gawang The Guardian. Kali ini, gol tercipta via tandukan Willian Pacheco.


Bhayangkara FC sebetulnya berusaha merespons situasi tertinggal tersebut. Namun, Bali United justru kembali menambah keunggulan via sepakan keras Privat Mbarga dari luar kotak penalti pada menit ke-42.




Liga 1 - Ilustrasi Logo Bali United BRI Liga 1 (Bola.com/Adreanus Titus)



Anak asuh Stefano Cugurra tersebut memang sudah memperlihatkan dominasinya atas Bhayangkara FC sejak sepak mula. Bali United coba menguasai permainan. Beberapa peluang juga sudah tercipta dan membahayakan pertahanan lawan.


Akhirnya, Tim Serdadu Tridatu sukses memecah kebuntuan pada menit ke-12. Kemelut terjadi di depan gawang The Guardian dalam situasi sepak pojok. Hargianto melakukan kesalahan antisipasi dan melakukan gol bunuh diri.


Sementara itu, Bhayangkara FC tampak kesulitan mengembangkan permainan. Anak asuh Widodo Cahyono Putro itu gagal membangun serangan dengan nyaman.


Alhasil, berbagai upaya yang digalang Muhammad Hargianto dan kawan-kawan sering kali kandas di tengah jalan. Hingga pertengahan babak pertama, mereka minim peluang.



Skema Bola Mati Jadi Sumber Petaka


Skema-skema sepak pojok Bali United memang terbukti membuat pertahanan Bhayangkara FC kalang kabut. Pada menit ke-26, Tim Serdadu Tridatu kembali mencetak gol melalui cara yang sama.


Bola yang dikirimkan Eber Bessa dari sudut lapangan sukses ditanduk oleh Willian Pacheco hingga mengoyak jala gawang Awan Setho. Gol ini membuat tim asuhan Stefano Cugurra itu unggul 2-0 atas Bhayangkara FC.


Pada menit ke-42, bola hasil sepakan keras Privat Mbarga dari luar kotak penalti sukses menjebol gawang Bhayangkara FC. Ini menjadi sekaligus jadi gol penutup babak pertama.



Babak Kedua Tak Jauh Berbeda


Performa The Guardian pada paruh kedua memang tak jauh berbeda dari babak pertama. Mereka masih saja kesulitan untuk mengembangkan permainan.


Sejumlah peluang yang tercipta pun juga belum bisa dimaksimalkan dengan baik. Beberapa upaya sepakan Bhayangkara FC juga belum bisa menemui sasaran.


Sebetulnya, ada beberapa ancaman yang diciptakan Bhayangkara FC. Ada empat tembakan tepat sasaran hingga pertengahan babak kedua.


Namun, kesigapan Muhammad Ridho di bawah mistar gawang masih bisa menyelamatkan gawang Bali United dari kebobolan. Sampai laga berakhir, skor 3-0 untuk kemenangan Bali United tetap bertahan.



Tempel Ketat Pemuncak Klasemen


Kemenangan ini membuat Tim Serdadu Tridatu naik ke peringkat kedua klasemen sementara Liga 1 musim ini. Mereka mengoleksi 27 poin dari total 13 pertandingan.


Dengan jumlah ini, Bali United menempel ketat PSM Makassar yang berada di puncak klasemen sementara dengan jarak satu poin saja.


Sementara itu, Bhayangkara FC masih tersungkur di peringkat ke-14 klasemen. Mereka hanya sanggup mendulang 12 poin dari 12 pertandingan.



Susunan Pemain:


Bali United (4-2-3-1): Muhammad Ridho; Ricky Fajrin, Haudi Abdillah, Willian Pacheco, Novri Setiawan; Rizky Pellu, Brwa Nouri; Yabes Roni, Eber Bessa, Privat Mbarga; Lerby Eliandry;


Pelatih: Stefano Cugurra


Bhayangkara FC (4-3-3): Awan Setho; Fatchu Rochman, Aji Joko Sutopo, Anderson Salles, Ruben Sanadi; Muhammad Hargiano, Adam Najem, Rani Rizki; Titan Agung, Andik Vermansah, Antoni Putro Nugroho;


Pelatih: Widodo Cahyono Putro