Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang berhasil meraih penghargaan dalam Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Provinsi Jawa Barat 2022 yang digelar Komisi Informasi (KI) Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate, Bandung pada Kamis (8/12/2022).
Karawang Raih Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 2022

Turut hadir dalam penganugerahan tersebut, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari, Ketua KI Pusat, Donny Yoesgiantoro dan Ketua KI Provinsi Jawa Barat, Ijang Faisal.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum dalam sambutannya menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat atas kerja kerasnya yang telah melakukan monev terhadap seluruh OPD Kota/Kabupaten se-Provinsi Jawa Barat.

Ia menambahkan, Keterbukaan Informasi Publik saat ini dalam era digitalisasi bersifat terbuka dalam segala-galanya, sudah tidak layak sebuah kelembagaan yang bersifat umum ataupun pelayanan publik menutup diri ataupun tidak terbuka. Dengan demikian, dengan keterbukaan sebuah lembaga akan terlihat kinerja dan manfaatnya.

“Karena itu saya dan Gubernur Jawa Barat selalu mengingatkan kepada para Kepala Daerah untuk seluruh kegiatan harus disampaikan ke publik baik itu anggaran, penyerapan dan yang lainnya untuk keterbukaan kepada masyarakat supaya ketransparanan akan menenangkan kita dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan,” ujarnya.

Senada dikatakan Ketua KI Provinsi Jawa Barat, Ijang Faisal, saat ini keterbukaan informasi menjadi energi yang mampu mengakselerasi proses pencerdasan bangsa dan memperoleh berbagai perubahan yang tidak terbayangkan sebelumnya.

"Keterbukaan akan menjadi tokoh utama pada publik dalam melayani masyarakat serta keterbukaan informasi publik melalui media adalah bagian dari rangka mewujudkan peningkatan kepercayaan dan dukungan kepercayaan terhadap pemerintah," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Karawang, Wahidin menuturkan, ucapan terima kasih kepada PPID Pemerintah Daerah serta PPID Desa yang telah berperan aktif dalam menerapkan keterbukaan informasi publik di Kabupaten Karawang dan berhasil meraih penghargaan sebagai Badan Publik dengan Kategori Informatif (Nilai A) dari KI Provinsi Jawa Barat tahun 2022.

"Tentu saja penghargaan ini adalah hasil kerja keras dan kami berharap penghargaan ini tidak akan berpuas diri, namun menjadi pemicu semangat terus meningkatkan kualitas pelayanan-pelayanan informasi publik di Kabupaten Karawang," ujarnya. (Jn)