Foto : 17 Logo partai politik peserta pemilu 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi mengumumkan nomor urut Parpol peserta Pemilu 2024 ,Rabu (14/12) malam di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat.


Logo KPU

Sebanyak 17 partai nasional dan enam partai lokal Aceh yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai peserta pemilu hadir dalam Rapat Pleno penetapan nomor urut tersebut.


Berikut nomor urut partai politik peserta pemilu 2024:


1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)


2. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)


3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)


4. Partai Golongan Karya (Golkar)


5. Partai Nasional Demokrat (Nasdem)


6. Partai Buruh


7. Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora)


8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)


9. Partai Kebangkitan Nasional (PKN)


10. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)


11. Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda)


12. Partai Amanat Nasional (PAN)


13. Partai Bulan Bintang (PBB)


14. Partai Demokrat


15. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)


16. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)


17. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)


Sebelumnya, merujuk Perppu Pemilu Nomor 1 Tahun 2022, pemberian nomor urut partai peserta pemilu dilakukan melalui dua mekanisme.


Bagi sembilan partai pemilik suara di parlemen, KPU mengizinkan mereka menggunakan nomor urut lama sesuai hasil Pemilu 2019. Namun, mereka juga bisa mengikuti undian untuk memilih nomor baru yang masih tersedia.


Partai yang mengikuti undian akan mendapat nomor yang masih tersedia alias kosong.


Sedangkan, partai non-parlemen diharuskan untuk mengikuti undian untuk mencari nomor yang akan mereka gunakan di Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.


Kabar awal KPU telah mengumumkan daftar 17 partai yang akan ikut Pemilu 2024. Mereka merupakan partai yang yang lolos verfikasi faktual. Selain daftar 17 partai, ada enam partai lokal Aceh yang akan ikut Pemilu.


Sejumlah ketua umum parpol peserta Pemilu 2024 mendatangi Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta Pusat, Rabu (14/12).


Kehadiran mereka ke kantor KPU untuk mengikuti rapat pleno pengundian dan penetapan nomor urut partai politik peserta Pemilu 2024.

Berdasarkan pantauan  sejumlah ketum parpol yang datang ke kantor KPU adalah:


1. Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono
2. Plt Ketum PPP Mardiono,
3. Ketum Perindo Hary Tanoesoedibjo,
4. Ketum PAN Zulkifli Hasan,
5. Presiden PKS Ahmad Syaikhu
6. Ketum PKB Muhaimin Iskandar.
7. Ketum Gelora Anis Matta
8. Ketum PSI Giring Ganesha
9. Ketum PKN Gede Pasek
10. Presiden Partai Buruh Said Iqbal


Pada kesempatan itu, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tak hadir ke KPU. PDIP diwakili Ketua Bappilu Bambang Pacul, sementara Gerindra diwakili Ketua Harian Sufmi Dasco Ahmad.


Partai lainnya, yaitu Golkar dihadiri Waketum Ahmad Doli Kurnia dan Sekjend Lodewijk F. Paulus, sedangkan NasDem diwakili oleh Sekjend Johnny G. Plate dan Waketum Ahmad Ali.

KPU telah menetapkan 17 partai peserta Pemilu 2024. Penetapan itu diambil dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Nasional dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilu 2024 di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (14/12).


Jumlah 17 partai tersebut merupakan gabungan antara delapan partai non-parlemen dan sembilan partai parlemen. Sembilan partai parlemen dinyatakan lolos sebagai partai peserta pemilu meski tak mengikuti verifikasi aktual.


Sembilan partai parlemen yakni PDIP, Gerindra, Golkar, NasDem, PKB, PKS, PAN, Demokrat dan PPP. Sedangkan delapan partai non-parlemen yakni Perindo, PBB, PKN, Garuda, Gelora, Hanura, PSI, dan Partai Buruh.

(live/cnn).