×

Iklan

Indeks Berita

Pemkab Karawang Bakal Penghargaan Untuk Seniman Kesenian Daerah

1 Des 2022 | Kamis, Desember 01, 2022 WIB Last Updated 2022-12-01T12:08:18Z
Pemkab Karawang melakukan rapat persiapan Pagelaran Ceremony Penghargaan Seniman Kesenian Daerah Kabupaten Karawang di Ruang Rapat Sekda Gedung Singaperbangsa, Kamis (1/12/2022).

Rapat tersebut dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karawang, Acep Jamhuri, diikuti oleh perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Karawang dan 7 Anggota Tim Verifikasi Penghargaan Seniman.

Pemkab Karawang Lakukan Rapat Persiapan Ceremony Penghargaan Seniman Kesenian Daerah Karawang

Sekda mengatakan, gelaran yang akan berlangsung pada Kamis (15/12/2022) mendatang merupakan bentuk apresiasi dari Pemkab Karawang kepada para seniman-seniman yang telah berkontribusi dalam menjaga budaya khususnya seni yang ada di Kabupaten Karawang.

"Kita mengapresiasi seniman-seniman karawang yang sudah berkontribusi banyak pada jamannya, jadi kita punya seniman topeng, wayang dan jaipong termasuk seniman-seniman lain yang mereka pada masanya mempunyai inovasi, kreativitas, dan menghasilkan produk-produk seni yang tidak hanya di nikmati oleh orang Karawang saja tetapi di nikmati se-Jawa Barat," ujarnya.

Pemkab Karawang Lakukan Rapat Persiapan Ceremony Penghargaan Seniman Kesenian Daerah Karawang

Pihaknya, lanjut dia, telah menunjuk Tim Verifikasi Penghargaan Seniman untuk melakukan penilaian sesuai dengan aspek-aspek dan indikator sebagai kepastian kriteria untuk diberikan apresiasi berupa penghargaan kepada mereka (seniman).

"Supaya timbul motivasi untuk membangun kreativitas, membangun produk-produk seni dan ini juga akan kita apresiasi. Itu sebagai bentuk reward dari pemerintah kepada mereka yang sudah banyak berkontribusi untuk Karawang," ujarnya.

Sementara itu, Kabag Kesejahteraan Rakyat (Kesra) pada Setda Kabupaten Karawang, Rohmana Setiansyah menyebut, kegiatan ini mengacu pada Perbup Karawang Nomor 48 Tahun 2022 tentang Pedoman Pemberian Penghargaan Seniman Kesenian Daerah.

"Gelaran ini pemberian penghargaan kepada seniman yang telah mengharumkan nama Karawang, mengundang Bupati dan Forkopimda,kemudian kepala OPD, camat lalu para seniman dan keluarganya kurang lebih ada 150," ujarnya.

Gelaran yang pertama dilakukan oleh pihaknya ini, kata dia, diharapkan bisa memberikan yang terbaik kepada para seniman.

"Lebih fokus kepada mereka yang sudah senior (sepuh) karena mereka sudah mengabdi, bahkan sudah ada yang meninggal kita serahkan kepada ahli warisnya," ungkapnya. (Jn)
×
Berita Terbaru Update
CLOSE ADS
CLOSE ADS